Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

  • Whatsapp
Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Barat bekerjasama dengan Kesbangpol pusat melaksanakan forum dialog pemantapan pemahaman ideologi pancasila, Selasa 16 Mei.

Dalam acara tersebut berbagai kalangan menghadiri baik dari tingkat pemerintahan, ormas, kepemudaan dan pihak sekolah maupun siswa-siswi.

Bacaan Lainnya

Staf Ahli Kemendagri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kesbangpol Pusat, Didik Suprayitno, menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada perilaku masyarakat untuk nilai-nilai pancasila.

“Kita ingin melawan pluralisme, terorisme, maupun yang mengganggu keutuhan NKRI kita dalam berbangsa dan bernegara,” ungkap Didik.

“Ini merupakan keresahan pemerintah kita sehingga perlunya sosialisasi lebih luas lagi pentingnya ideologi pancasila dan tidak bertentangan dengan ideologi tersebut,” terang Didik.

Di tempat sama, Kepala Kesbangpol Sulbar, Rahmat Sanusi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan melalui program Kesbangpol pusat untuk dilaksanakan di Sulbar.

“Kegiatan ini dari pusat yang dialihkan ke Sulbar dan ini merupakan buah hasil kerja keras kita di provinsi untuk terus melakukan koordinasi dengan baik di pusat,” kata Rahmat Sanusi.

“Kita ingin masyarakat maupun para pelajar kita lebih memahami pentingnya nilai pancasila itu sendiri dimana saat ini sudah mulai terkikis,” ucap Rahmat.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan yang diangkat tema ideologi pancasila sebagai fondasi ketahanan nasional dalam rangka keutuhan NKRI, sehingga dibutuhkannya sosialisasi lebih baik lagi.
“Kita melibatkan anak-anak sekolah karena kita ingin mereka mengetahui bagaimana ideologi pancasila yang perlu kita bangkitkan kembali supaya kita lebih memahami lagi lebih dalam apa itu pancasila,” tuturnya.

“Pendidikan pancasila ini juga memang harus mulai ditingkat SD sampai dengan mahasiswa. Karena di mahasiswa juga kita diajari pancasila,” tambah Rahmat Sanusi. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *