Media Punya Andil Memajukan Bahasa Indonesia

  • Whatsapp
Media Punya Andil Memajukan Bahasa Indonesia

sulbarexpresss.fajar.co.id, MAMUJU – Balai Bahasa Sulsel bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menggelar penyuluhan Bahasa Indonesia di Lantai 3 kantor Gubernur Sulbar, Rabu 12 Juli.

Perwakilan Balai Sulsel, Zainuddin Hakim, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga kelestarian bahasa Indonesia. Upaya ini dilakukan agar kedepan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan semakin berkembang.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Zainuddin Hakim juga menjelaskan media massa memiliki peran yang sangat besar dalam upaya menjaga serta memajukan Bahasa Indonesia. “Kita tidak bisa pungkiri bahwa perkembangan bahasa Indonesia disebabkan peran media massa yang turut andil dalam menyebarluaskannya,” kata Zainuddin.

“Kita sangat sadari bahwa media massalah salah satu ujung tombak pengembangan bahasa Indonesia yang menjadi pedoman masyarakat,” imbuh Zainuddin.

Ia juga menjelaskan bahwa berbagai kosa kata yang baru muncul dan digunakan masyarakat luas itu diambil dari media massa. “Kita saja ini sangat terbatas untuk menyosialisasikan maupun menyampaikan informasi kepada masyarakat, sehingga media massalah yang mempunyai andil terbesar untuk pengembangan itu,” tambahnya.

“Makanya kita baru pertama kali ini melibatkan madia massa untuk kegiatan penyuluhan untuk saling bertukar pemikiran dalam penggunaan bahasa Indonesai dalam media massa,” ungkap Zainuddin.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulbar, Eman Hermawan menyampaikan bahwa melibatkan wartawan dalam penyuluhan bahasa Indonesia sangatlah penting. “Kita semua sepakat bahwa media massalah yang memiliki peran utama dalam mempengaruhi masyarakat dan penggunaan bahasa Indonesia baik itu cetak, online maupun eeloktronik,” terangnya.

“Kita sangat berterimah kasih atas kerjasama dengan Balai Bahasa Sulsel yang meluangkan waktunya. Kita juga berharap adanya pengetahuan baru maupun ilmu baru dari penyuluhan bahasa Indonesia ini,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *