Panitia Sandeq Race Mundur, Pemprov Optimis Tetap Terlaksana

  • Whatsapp
Panitia Sandeq Race Mundur, Pemprov Optimis Tetap Terlaksana

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Agenda sandeq race tahun 2017 diwarnai insiden pengunduran diri panitia pelaksana. Namun demikian Pemprov Sulbar mengaku masih optimis agenda besar ini akan tetap bisa berjalan.

Beberapa hari lalu ketua harian Sandeq Race, Ridwan Alimuddin mengatakan pihaknya telah menyampaikan surat pengunjung dirinya ke Gubernur Sulbar. Dalam surat yang tertanggal 18 Juli terus, terdapat empat nama yang mengundurkan diri sebagai panitia, antara lain Ketua Umum Naharuddin, Ketua harian Ridwan Alimuddin, Koordinator Horst H. Liebner, serta bendahara.

Bacaan Lainnya

“Pengunduran diri kami itu didasari ketidak jelasan anggaran yang telah dijanjikan oleh pihak Pemprov,” kata Ridwan, Rabu 26 Juli.

“Hitung-hitungan kami dana yang dibutuhkan berkisar Rp1,2 miliar hingga Rp1,5 miliar, Sedangkan hingga H-22 belum ada kepastian, sedang sudah waktunya membeli kain untuk layar dan pakaian para peserta,” ucap Ridwan.

Ia menambahkan bahwa sangat menyayangkan jika sandeq race 2017 ini dibatalkan. Sedangkan event ini telah berjalan sejak tahun 1995. Menurutnya jika sandeq race dipaksakan dilakukan pada Agustus mendatang akan tidak maksimal, sehingga harus diundur.

“Jika dilakukan pengunduran jadwal ke September akan mengurangi roh dari acara tersebut. Pasalnya selama ini festival sandeq race sejak pertama kali hingga sekarang selalu digelar pada bulan Agustus dan hanya diundur jika bertepatan dengan Ramadan dan itu hanya satu kali saja,” tuturnya.

“Jika dilaksanakan pada bulan September juga akan bertepatan dengan beberapa event bahari di beberapa negara Eropa. Selain itu Agustus juga merupakan bulan terakhir masa libur musim panas sehingga akan mengurangi wisatawan mancanegara yang hadir, sedangkan sandeq race ini sudah menjadi event internasional,” ungkap Ridwan.

Terpisah Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyatakan pihaknya tidak bisa menghalangi jika ada panitia yang mengundurkan diri dalam festival sandeq race tahun ini.

“Meski demikian kita tetap optimis sandeq race akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” terangnya.

“Untuk dana sudah ada, namun belum cukup 100 persen, hingga kini saya dan OPD terkait masih mencarikan anggaran tambahan. Yakin saja gelaran sandeq race akan berjalan sesuai rencana, jadi jangan khawatir,” ujar Ali Baal.

Gubernur juga menjelaskan Pemprov Sulbar sedang menggalakan kegiatan budaya yang ada di Sulbar, sandeq race salah satunya.

“Saya yakin bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan sumber dana lain dan dibantu sebagai dari APBD perubahan tahun 2017. Laporan dari yang saya terima dana yang telah didapatkan dari sponsor sudah 70 persen dari kebutuhan,” tegas Gubernur.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Yakob F Solomon menambah pihaknya tetap siap menyelenggarakan festival sandeq race tahun 2017 meski panitia mengundurkan diri.

“Instruksi pak Gubernur sandeq race tetap dijalankan. Jadi kami akan berusaha semaksimal mungkin. Mari kita berdoa saja jangan terlalu pesimis,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *