Puluhan Proyek Isi Program TMMD

  • Whatsapp
Puluhan Proyek Isi Program TMMD

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Salah satu peran dan tugas TNI ialah ikut berupaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah tertinggal, terisolasi, daerah pinggiran dan terbelakang.

Hal tersebut yang dilakukan oleh Kodim 1418 Mamuju bekerjasama dengan pihak pemerintah Kabupaten Mamuju dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Bertempat di Desa Taan, kecamatan Tapalang, mulai dilaksanakan pada Selasa 4 Juli hingga 2 Agustus 2017.

Bacaan Lainnya

Dalam program TMMD kali ini, sebanyak delapan program fisik dan lima program non fisik akan dikerjakan TNI. Sumber anggarannya berasal dari Mabes TNI pusat sebesar Rp231.475.000 dan dukungan dana dari pemkab mamuju sebesar Rp1,5 miliar.

“Sasaran kegiatan ini meliputi kegiatan fisik utama yaitu pembuatan jalan yang penghubung Desa Taan dan Kopeang dengan ukuran 2365×6 meter, pembuatan gorong-gorong delapan unit, serta pembuatan jembatan kayu satu unit,” ucap Dandim 1418 Mamuju, Letkol Imran.

Adapun kegiatan fisik tambahan meliputi, pembuatan jalan sekolah, pembuatan pos kamling, bedah rumah, pengecatan sekolah dan pembangunan rumah baca.

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan KB dan kesehatan diantarnya pengobatan gratis, donor darah dan sunatan massal, penyuluhan pertanian, penyuluhan bela negara yang diantaranya ialah sosialisasi empat pilar dan bahaya terorisme, serta penyuluhan kamtibmas dan hukum.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengapresiasi kegiatan tersebut sebab sangat membantu pihak pemerintah dalam membangun daerah utamanya yang selama ini kurang dijangkau.

“Tujuan dari TMMD ini ialah membantu pemerintah dan masyarakat dalam mempercepat pembangunan, salah satu yang akan dibangun ini adalah jalan akses Bela’ dan Kopeang yang selama ini terisolasi, kami berharap dengan adanya pembangunan ini masyarakat disana dapat meningkat taraf perekonomiannya,” ungkap Habsi.

TMMD sendiri menarget pembangunan jalan 2,3 kilometer yang menghubungkan desa Taan dan Kopeang, masih ada 4,7 kilometer lagi jalan yang tersisa agar diinginkan pemerintah untuk tersambung.

“Untuk tahun ini kita anggarkan Rp1,5 miliar, tahun depan kita akan anggarkan lagi jalan sisanya dan kemungkinan kita akan menggandeng kembali pihak TNI,” ungkap Habsi. (bal/sol)

 

Sasaran Pokok TMMD (Fisik)

1. Peningkatan jalan (beton) sepanjang 2365 x 6 meter antara desa Taan dan Kopeang. Total anggaran Rp 1.306.000.000

2. Pembuatan jembatan (kayu) 1 unit. Total anggaran Rp 35.000.000

3. Pemasangan gorong-gorong 8 unit, Total anggaran Rp14.000.000

 

Sasaran Tambahan (Fisik)

1.Pembuatan Jalan (beton) ke SD Kecil desa taan, sepanjang 50 x 2 meter. Total anggaran Rp20.000.000

2.Pembuatan Pos kamling desa taan 1 unit, Total anggaran Rp. 5.000.000

3.Pengecatan SD kecil desa taan. Total anggaran Rp10.000.000

4. Bedah rumah 1 unit

5. Pembuatan rumah baca 1 unit

 

Sasaran Tambahan (Nonfisik) Total anggaran Rp 20.000.000, terdiri dari :

1. Penyuluhan bela negara -Sosialisasi 4 pilar -Penanggulangan terorisme -Proxywar

2. Penyuluhan bahaya narkoba

3. Penyuluhan hukum (Kamtibmas)

4. Penyuluhan pertanian

5. Penyuluhan KB dan kesehatan -Pemeriksaan dan pengobatan gratis -Donor darah -Sirkum (sunat) massal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *