260 CJH Mamuju Resmi Dilepas, Bupati: Atur Waktu Istirahat dengan Baik

  • Whatsapp
260 CJH Mamuju Resmi Dilepas, Bupati: Atur Waktu Istirahat dengan Baik

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – 260 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Mamuju tahun 2017, siap bertolak ke tanah suci.
Kesiapan itu terlihat dalam acara pelepasan CJH secara simbolis oleh Bupati Mamuju, Habsi Wahid dan Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari di halaman Rumah adat (Rudat) Mamuju, Kamis 17 Agustus.

Habsi mengatakan, CJH tak perlu lagi khawatir untuk biaya transportasi keberangkatan dan pemulangannya. Sebab sudah menjadi tanggungan Pemkab Mamuju yang menggunakan APBD 2017.

“Itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah untuk memudahkan warga kita melaksanakan haji,” ucap Habsi.
Dalam kesempatan itu, ia juga menekankan agar seluruh CJH tetap menjaga stamina saat melaksanakan haji di tanah suci Mekah. Hal itu disebabkan di sana iklim berbeda dengan daerah ini. Ditambah lagi saat melaksanakan haji banyak kegiatan yang akan dilakukan dan tentunya membutuhkan fisik yang baik.

“CJH harus pandai-pandai mengatur waktu istirahat. Jangan sampai kesehatan terganggu dan menyebabkan ibadahnya terganggu,” ucap Habsi.

Selain itu, ia juga meminta seluruh jemaah agar tidak sungkan-sungkan bertanya kepada petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) jika mendapati kendala sesampainya di tanah suci. Hal itu bertujuan agar CJH Mamuju bisa menunaikan rukun islam kelima tersebut dengan baik dan tertib.

“Jangan malu-malu bertanya. Hal apapun itu, karena mereka memang ditugaskan khusus untuk mendampingi dan memberikan fasilitas bagi CJH,” jelasnya.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Mamuju, Andi Syahrul mengatakan, ada tiga TPHD yang akan mendampingin CJH. Rencana CJH dan TPDHD akan berangkat hari ini, Jumat 18 Agustus.
Pemberangkatan dibagi menjadi dua rombongan. Rombongan pertama berjumlah 147 orang dan rombongan kedua sebanyak 116 orang.

“Pukul 07.00 besok (hari ini, red) semua CJH bersiap di rudat. Lalu mereka akan berangkat ke bandara Tampa Padang menuju menggendarai bus. Setelah itu, penerbang pertama 147 CJH pada pukul 09.00 Wita dan penerbangan selanjutnya pukul 10.00 Wita,” urai Syahrul.

Sesampainya di Makkasar, CJH tersebut masih harus menginap selama dua hari. Pada 19 Agustus CJH akan menuju embarkasi. Setelah itu, pada 20 Agustus barulah mereka bergabung dengan CJH Polman dan Mamuju Tengah (Mateng) dalam Kelompok terbang (Kloter) 26 menuju Saudi Arabia. (bal/sol)

CJH Kabupaten Mamuju

Kecamatan      Pria     Wanita      Jumlah

—————————————————–

Mamuju           42        64               106

Simboro           14        33               47

Kalukku           23        36              59

Papalang          4          8                 12

Sampaga         12         17                29

Tommo            2           5                 7

Tapalang          1           0                1

T. Barat            1            1                 2

————————————————-

Jumlah  263 orang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *