Festival Budaya Matra 2017, Perkokoh Persaudaraan dan Persatuan Masyarakat

  • Whatsapp
Festival Budaya Matra 2017, Perkokoh Persaudaraan dan Persatuan Masyarakat

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Matra menggelar festival
budaya Matra tahun 2017. Festival berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 12 hingga 14 Agustus.

Acara dengan tema ‘Senja Keberagaman Budaya Matra’ dibuka langsung oleh Bupati Matra Agus Ambo Djiwa, dipusatkan di Anjung Babia, Pantai Pasangkayu.

Agus Ambo Djiwa, dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan festival budaya yang baru pertama kali dilaksanakan. Ia berharap kedepan bisa lebih besar lagi.

“Festival budaya ini adalah upaya dari pemerintah Kabupaten Matra untuk melestarikan keunikan dan keragaman warisan budaya yang bernilai sejarah. Hal tersebut termuat dalam visi dari event ini yaitu mewujudkan sebuah festival berbasis keragaman budaya yang bertaraf nasional,” ungkap Agus.

Ia berharap, peristiwa kebudayaan mampu mendorong percepatan pembangunan disektor kebudayaan dan pariwisata. Untuk pelaksanaan festival budaya tahun 2018, rencananya akan dilaksanakan di pantai yang saat ini sedang dibenahi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan budayawan semoga kedepan acara festival budaya jauh lebih bagus dari pada saat ini,” ucap Agus.

“Pelaksanaan festival budaya ini juga dimaksudkan untuk memperkokoh rasa persaudaraan dan persatuan diantara masyarakat Matra yang multi etnis dan multi agama,” tutup Agus.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Matra, I Nyoman Suandi menyebutkan, kegiatan festival budaya ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke72.

“Kami sangat bangga bisa melaksanakan festival budaya Kabupaten Matra. Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan bisa mendorong dan mempercepat pembangunan melalui keberagaman budaya yang ada,” harap I Yoman.

I Yoman menambahkan, pada pelaksanaan festival budaya pertama ini mengundang lebih dari 450 seniman dan budayawan dari berbagai komunitas dengan latar kultural yang beragam di Matra dan wilayah lain disekitarnya. Objek wisata Pantai Tanjung Babia dengan latar
belakang matahari terbenam dan hamparan pasir yang indah dipilih untuk menjadi lokasi perhelatan budaya ini.

Selain Bupati Matra Agus Ambo Djiwa, festival budaya Matra 2017 turut dihadiri Wakil Bupati Matra Muhammad Saal, Ketua DPRD Matra Lukman Said, anggota DPRD Matra Yaumil Ambo Djiwa dan Saifuddin A Baso. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *