Kunjungan Warga Balabalakang ke Paser, Pemerintah Diminta Bersikap Tegas

  • Whatsapp
Kunjungan Warga Balabalakang ke Paser, Pemerintah Diminta Bersikap Tegas

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Kabar kunjungan sejumlah warga Kecamatan Balabalakang ke rumah jabatan bupati Paser, Kalimantan Timur menuai sorotan dari beberapa pihak.

Salah satunya berasal dari Politisi Partai Hanura yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRD Mamuju, Hapisa Ayyub. Menurutnya langkah yang diambil oleh sebagian orang yang mengatas namakan diri masyarakat Balabalakang sudah kelewatan.

Bahkan menurut salah satu media asal Kaltim bahwa masyarakat yang pergi tersebut salah satunya menjabat sebagai kepala dusun pulau Sabakkatang, olehnya tindakannya tersebut patut diberikan sanksi yang tegas.

“Kami di DPRD meminta ketegasan kepada Pemerintah Mamuju menyikapi hal ini, kepala dusun tersebut bisa saja dipecat. Alasannya kepala dusun dilantik oleh kepala desa, bisa didesak kepala desanya untuk mencopot kepala dusun tersebut. Karena jika dibiarkan akan merembes ke yang lain utamanya perihal pemikiran-pemikiran untuk pisah dari Mamuju,” ungkap Hapisa Ayyub.

Politisi yang juga tergabung dalam Pansus Balabalakang tersebut juga mengungkapkan bahwa akan melakukan hearing dengan masyarakat yang nekat pergi ke Paser untuk meminta bergabung dengan wilayah Kalimantan Timur.

“Akan kami coba panggil untuk kita hearing apa saja yang melatar belakangi mereka ke sana, padahal beberapa bulan lalu bupati dan Plt Gubernur waktu itu sudah berkunjung dan berjanji untuk menuntaskan masalah di sana,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga sedang merancang sebuah aturan khusus mengenai Balabalakang agar pembangunan di sana dapat dipercepat.

“Di pansus Balabalakang ini arah kami untuk merekomendasikan sebuah kebijakan khusus untuk Balabalakang, mengenai hasil finalisasinya nanti akan kita lihat. Apakah berbentuk peraturan bupati atau peraturan daerah, jika perda mungkin agak lama maka kami akan dorong untuk perbub khusus Balabalakang,” tandas Hapisa. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *