Surya Persada Juara Sandeq Race 2017, Walikota Makassar Ikut Promosikan Sandeq

  • Whatsapp
Surya Persada Juara Sandeq Race 2017, Walikota Makassar Ikut Promosikan Sandeq

MAMUJU, sulbarexpress.fajar.co.id – Perhelatan Sandeq Race yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat tahun 2017 sudah berakhir. Agenda ini dimenangi oleh Sandeq Surya Persada, dari Majene.

Perlombaan dengan melalui tujuh etape berakhir dengan disambut langsung oleh pemerintah Sulsel dan Sulbar, di Makassar.

Bacaan Lainnya

Kadis Pariwisata Sulbar, Yakub F Solon, mengatakan bahwa sandeq race yang diperlombakan dari Mamuju sampai Makassar merupakan program tahunan Pemprov Sulbar.

“Melalui 7 etape dari Mamuju – Makassar, walaupun banyak rintangan, akhirnya finish juga dan kami ucapan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah berpartisipasi menyukseskan sandeq race 2017,” kata Yakub, Minggu 27 Agustus.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, menyampaikan bahwa sandeq race merupakan budaya maupun ikon Sulbar yang akan tetap dilestarikan. “Event sandeq race ini bukan hanya sebagai perayaan HUT RI melainkan melestarikan budaya kita. Tahun depan semoga bisa ditambah 5 etape menjadi 12 etape dan semoga juga seluruh kabupaten bisa berpartisi juga,” tuturnya.

“Kita tidak ingin industri maupun aset Sulbar ini mati seiring zaman. Sandeq harus bisa inovatif misalnya sandeq yang bisa muat berat sebesar 5 ton,” ungkap Gubernur Sulbar.

Ia juga menambahkan bahwa meskipun segala pendanaan maupun kesiapan yang minim, tetapi bisa terlaksana dengan berhasil berkat bantuan semua elemen. “Kami mengucapkan banyak terimah kasih atas semua partisipasi elem masyarat Sulbar maupun Sulsel. Kritikan itu tidak selama nya jelek, justru sebagai motivasi untuk lebih baik dari sebelumnya,” tambahnya.

Selain itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto memberikan apresiasi atas pelaksanaan sandeq race 2017 yang dilaksanakan Pemprov Sulbar yang berakhir di Makassar.
“Sebuah kehormatan bagi kami bisa menyaksikan dan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan sandeq race yang finish di Makassar,” terangnya.

“Sandeq race merupakan kapal layar tercepat di dunia dan ternyata itu ada di Sulbar. Seandainya kegiatan ini finishnya tanggal 6 bulan depan maka bisa hadir 49 negara, karena kita akan melaksanakan festival besar,” ujar Danny Pamanto.

Pemkot Makassar berharap pelaksanaan tahun depan bisa bersinergi dengan pemprov Sulbar agar bisa malaksanakan kagiatan yang lebih besar lagi. “Kita berharap tahun depan bisa sinergi dengan kegiatan di Sulsel. Seandainya ada satu dua sandeq yg tinggal agar bisa ikut festival 8,” harapnya.

Munir yang juara umum sandeq race sangat gembira bisa keluar sebagai pemenang dan bisa membawa pulang piala serta hadiah yang diperebutkan. “Tentu kita sangat senang bisa menjuarai perlombaan. Karena para peserta yang ikut adalah orang-orang hebat,” imbuhnya.

“Dalam perlombaan tantangan paling berat selama perjalanan itu di etape Barru – Makassar dan alhamdulillah kita bisa melewatinya dengan baik, sehingga bisa keluar sebagai juara umum,” tandasnya. (hab/sol)

Klasemen akhir sandeq race 2017

1. SURYA PERSADA (28 poin)
2. GPS (36 poin)
3. MERPATI (38 poin)
4. Aim Benar (44 poin)
5. Cahaya Mandar (45 poin)
6. Cendrawasih (45 poin)
7. DAMRI (47 poin)
8. Merpati putih (49 poin)
9. Sempurna (60 poin)
10. Dewi Laut (65 poin)
11. Rahmat Ilahi (71 poin)
12. Bintang Timur (79 poin)
13. Cahaya Reski (82 poin)
14. Amanat Balanipa (87 poin)
15. Brest Prancis (91 poin)
16. Angin Pammase (91 poin)
17. Dondori (92 poin)
18. Sabe Mandar (96 poin)
19. Assamalewuang (103 poin)
20. Dewa Laut (106 poin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *