Sijago Merah Lahap Perkebunan Warga di Balanipa

  • Whatsapp
Sijago Merah Lahap Perkebunan Warga di Balanipa

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Kebakaran lahan perkebunan kembali terjadi di Kabupaten Polman, kali ini menimpa Kecamatan Balanipa, kebakaran diperkirakan mulai sekira Pukul 10.00 Wita di Dusun Lelating Desa Kampung Tulu, Senin 18 September.

Musibah kebakaran lahan perkebunan milik masyarakat setempat. Menurut Keterangan saksi yg pertama kali melihat Umar alias pua Radi, (50 tahun), mengatakan bahwa titik api pertama kali terlihat di sekitar lahan perkebunan milik Salama alias Pua Halima,(50 tahun) yang juga berprofesi petani.

Bacaan Lainnya

Umar juga menjelaskan bahwa api cepat meluas dan melebar karena pada saat kejadian angin berhembus cukup kencang yang mana di sekitar lokasi kebakaran  hanya di tumbuhi rumput ilalang dan pohon kayu untuk makanan ternak (kambing). “Api cepat membesar faktor angin juga kencang, titik berawal sekitar kebun Salama,” kata Umar.

Sedangkan,Salah satu Pemilik Lahan, Salama menyampaikan bahwa lahan perkebunan yang terbakar sampai saat ini diperkirakan kurang lebih tiga hektar. “Kemungkinan ada tiga hektar lahan perkebunan yang dilalap api,” jelas Salama.

Masyarakat setempat yang melihat kejadian ini langsung mengerumuni tempat kejadian untuk membantu memadamkan api bersama-sama dengan anggota Polsek serta personil Koramil 1402-04 Tinambung.

Sementara itu, Waka Polsek Tinambung, Ipda Yunus menuturkan bahwa menurunkan empat unit pemadam kebakaran (Damkar) untuk memdamkan api yang melahap perkebunan warga. “Mobil damkar yang turun ke lokasi yakni masing-masing satu unit dari Kecamatan Tinambung, satu unit damkar  dari Kecamatan Campalagian dan serta dua unit damkar dari Kabupaten. Polman,” tandasnya.(ali/hab)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *