Gubernur: Saya tak Ingin Ubah Pancasila

  • Whatsapp
Gubernur: Saya tak Ingin Ubah Pancasila

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengambil sikap terkait beredarnya isu kesalahan dalam membaca Pancasila.

Didampingi Kapolda Sulbar, Kepala BIN Sulbar, Forkopimda, dan para staf, Gubernur Sulbar melakukan jumpa pers di rumah jabatan Gubernur, Rabu 22 November.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Gubernur mengatakan pemberitaan yang berkembang terkait urutan Pancasila tidak benar. Secara tegas ia menjelaskan tidak pernah berniat untuk mengubah maupun mengusulkan pergantian sila Pancasila.

“Saya tidak pernah berniat maupun mengucapkan kalimat ingin mengubah susunan Pancasila,” kata Gubernur.

Ia menambahkan ucapannya yang menuturkan terlalu jauh rentangnya antara Ketuhanan dan Keadilan. Kalimat tersebut, kata Gubernur, tidak bermaksud akan melakukan perubahan Pancasila.

“Yang saya maksud adalah iplementasinya dimana sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila Kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bukan bermaksud mengubah urutan sila dalam Pancasila,” tambahnya.

Gubernur berharap agar polemik yang berkembang ke masyarakat tidak lagi berkepanjangan. Karena tidak sesuai dengan apa yang disampaikannya saat menghadiri acara kepemudaan beberapa pekan yang lalu.

“Demikianlah saya berharap tidak ada lagi penafsiran dan yang lain-lain kepada masyarakat selain yang saya sampaikan ini,” tandasnya.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia Sulbar mendatangi kantor DPRD Sulbar menuntut agar Gubernur Sulbar mengklarifikasi pernyataannya yang dianggap ingin mengubah Pancasila.

Selain itu, DPRD Sulbar juga berencana akan menggunakan hak angket dan interpelasi atas polemik yang saat ini terus berkembang. Dewan menilai isu kesalahan dalam membaca Pancasila dan upaya klarifikasi Gubernur menimbulkan banyak polemik.(hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *