Pemprov Usul Tokoh Sulbar Jadi Pahlawan

  • Whatsapp
Pemprov Usul Tokoh Sulbar Jadi Pahlawan

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Sejumlah tokoh Sulbar yang tercatat dalam sejarah akan diusulkan ke pusat untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional. Rencana itu diketahui saat Pemprov Sulbar memperingatkan hari pahlawan, Jumat 10 November.

Dalam memperingati hari pahlawan Pemprov melaksanakan upacara di tiga tempat. Pertama di halaman kantor Gubernur Sulbar, kedua di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pattidi, dan ketiga di Dermaga Lanal Mamuju.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan peringatan hari pahlawan merupakan moment untuk mengenang jasa para pejuang terdahulu. Dimana mereka berani berkorban harta hingga nyawanya untuk mendirikan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Pemprov Usul Tokoh Sulbar Jadi Pahlawan

“Untuk mengenang para pahlawan asal Sulbar, kami dari Pemprov akan mendorong nama mereka untuk masuk menjadi pahlawan nasional. Hal ini bertujuan selain untuk mengenang jasa mereka, juga agar generasi muda tahu siapa orang yang ikut berjuang untuk negara ini,” ucap Gubernur.

Ia menambahkan semua elemen harus ikut terlibat untuk terus melanjutkan perjuangan para perintis kemerdekaan. Karena dengan semangat para pahlawan, bangsa Indonesia dapat sederajat dengan bangsa lain sebagai bangsa yang merdeka, bersatu dan berdaulat.

“Hari-hari peringatan seperti inilah yang harus kita maknai dan hayati bersama, bukan hanya seremonial saja yang diperingati tiap tahun. Jika nilai pancasila dan rasa kepahlawanan kita terus dipupuk, tidak akan ada lagi teroris dan demo,” tambahnya.

Ia menambahkan Pemrov Sulbar juga berencana untuk melakukan pergantian beberapa nama jalan atau tempat dengan nama para pahlawan asal Sulbar. Gubernur ingin nama pahlawan Sulbar bisa juga besar dan dikenang seperti pahlawan yang ada di daerah lain.

“Saya mohon dukungan dan doa warga Sulbar agar perjuangan untuk menjadikan beberapa tokoh Sulbar jadi pahlawan nasional dapat terwujudkan. Saya akan berjuang sekuat tenaga agar hal tersebut dapat terwujud,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar menyampaikan pengusulan nama tokoh Sulbar menjadi pahlawan nasional adalah sebuah keharusan. Hal tersebut agar masyarakat Indonesia dan internasional mengetahui Sulbar juga memiliki peran dalam perjuangan kemerdekaan NKRI.

“Untuk mewujudkan hal tersebut kami akan melakukan seminar untuk menentukan siapa-siapa nama yang akan didirong ke pusat. Untuk sementara dalam pandangan saya pribadi minimal ada dua nama yang akan diajukan, yaitu Andi Depu dan Baharudin Lopa,” terangnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *