Rangas Sasaran Kampanye Three Ends

  • Whatsapp
Rangas Sasaran Kampanye Three Ends

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Setelah dibentuk, Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) segera melakukan aksi nyata. Salah satu sasaran utamanya adalah three end.

Secara umum lembaga ini dibentuk untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri rantai perdagangan manusia dan ketidakadilan akses pada sumber daya ekonomi bagi perempuan.

Bacaan Lainnya

Puspa dibentuk mempunya program unggulan yang dicanangkan kementerian PPPA yaitu three end meliputi end violence against women and children (akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak), end human trafficking (akhiri perdagangan manusia), dan end barriers to economic justice (akhiri kesenjangan ekonomi).

Kepala Dinas PPPA Sulbar Darmawati Ansar mengatakan forum Puspa dibentuk dari gabungan semua elemen masyarakat untuk merumuskan program awal yang dijalankan tahun 2018.

“Kita sudah sepakati bersama selama dua hari pelatihan bahwa fokus mengakhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan dengan membentuk UMKM di Rangas dan tentunya melalui riset maupun kunjungan terlebih dahulu potensi yang ada di sana,” kata Darmawati.

Ia menambahakan pentingnya program ini mengingat maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Khusus di Sulbar,┬ápernikahan dini tertinggi di Sulbar, khususnya di Mamuju. Pekerja anak kita sudah ada pada tiga besar basional, terutama di daerah sekitar pantai. Termasuk kita juga tertinggi stanting, ini terkait tumbuh kembang anak. Kalau anak pengguna narkoba kita juga termasuk tujuh besar di Indonesia. Itu memperihatinkan,” ucap Darmawati menutup Forum Puspa, Kamis 16 November.

Lanjutnya, program three ends diharapkan bisa menjadi jawaban atas kesenjangan sosial terhadap perempuan maupun anak yang marak terjadi, baik itu kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kita memiliki data terakhir 2017 mencapai 375 kasus kekerasan terhadap perempuan maupun anak di Sulbar,” ungkap Darmawati.

Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Keluarga, Data dan Infomasi Dinas PPA Sulbar Shandri Nuranti menyampaikan fokus pelaksanaan three ends di Rangas akan dimulai tahun depan.

“Itu (Program di Rangas, red) sebagai aksi awal kelompok forum Puspa untuk menyebarkan sikap peduli kemanusiaan di lingkup sosial serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Khususnya pemberdayaan perempuan dalam menggerakkan perekonomian keluarga,” tandasnya.

Selain itu, forum Puspa yang baru terbentuk di tingkat provinsi ini nantinya akan bekerja sama dengan sejumlah instansi pemerintahan. Tujuannya, agar program three ends dapat terwujud atas sinergi antara masyarakat dan pemerintah. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *