Sekkab Sesalkan DID Gagal Mengucur

  • Whatsapp
Sekkab Sesalkan DID Gagal Mengucur

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Kabupaten Mamuju menjadi satu-satunya daerah di Sulbar yang gagal menerima opini WTP dari Badan pemeriksa keuangan (BPK) atas pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2016.

Dampaknya reward berupa dana insentif daerah (DID) gagal mengucur tahun ini.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mamuju Suaib menyesalkan hal tersebut, sebab dengan tidak mengucurnya DID yang berjumlah Rp51 miliar, akan mempengaruhi perencanaan program kerja Pemkab Mamuju tahun depan.

“Sangat kita sayangkan dana tersebut tidak turun atau tidak didapatkan, sebab dengan Rp51 miliar ini begitu banyak program yang bisa dibiayai dengan dana itu,” ungkap Suaib, Rabu 22 November.

Imbasnya perencanaan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Penyusunan Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2018 mau tak mau harus mencoret dana tersebut dalam perencanaan anggaran yang juga berdampak pada menurunnya alokasi anggaran ke beberapa OPD lingkup Pemkab Mamuju.

“Kemarin ada kesalahan persepsi dikarenakan aturan berubah, sebelumnya DID diberikan kepada daerah yang memenuhi klasifikasi WDP dan WTP namun tahun ini hanya diberikan bagi daerah yang WTP, dan itu telah saya kroscek langsung ke Dirjen Anggaran pusat, atas alasan tersebut kita tidak mendapatkan dana itu,” jelasnya.

Namun hal tersebut tak membuat pemkab Mamuju patah semangat, menurut Suaib pihaknya akan bekerja ekstra guna mendapatkan opini WTP atas pengelolaan anggaran tahun 2017. Agar DID tahun depan bisa kembali diterima oleh Kabupaten Mamuju.

“Kita harus berupaya maksimal agar mendapatkan WTP lagi, dan insya Allah tahun ini kita WTP,” tandas Suaib. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *