Untuk Mashasiswa dan Dosen, Pemprov Sediakan Beasiswa

  • Whatsapp
Untuk Mashasiswa dan Dosen, Pemprov Sediakan Beasiswa

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Maka Pemprov terus berupaya mewujudkan kuantitas dan kualitas pendidikan serta kependidikan di Sulbar.

Komitmen tersebut sesuai visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur yang tertuang dalam RPJMD Sulbar. Ditindaklanjuti dengan melakukan pertemuan dengan seluruh rektor Universitas yang ada di Sulbar, Sabtu 25 November.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan dalam peningkatan SDM kedepan, bukan hanya mahasiswa yang akan menjadi prioritas melainkan juga dosen maupun ASN yang ada dijajaran Pemprov.

“Dosenpun akan sediakan beasiswa sesuai jenjangnya masing-masing mulai dari S1, S2 dan S3 yang memenuhi persyaratan,” kata Gubernur.

Ia menambahkan peningkatan SDM ASN dijajaran pemprov juga akan terus dikembangkan agar pelayanan terhadap masyarakat Sulbar terus meingkat. Sehingga Sulbar terus berkembang.

“ASN maupun PTT Pemprov Sulbar kedepan akan dilakukan tes, dan akan ditempatkan sesuai disiplin ilmu masing-masing,” tambahnya.

Lanjutnya, para rektor se-Sulbar juga sepakat untuk mengusulkan forum rektor sebagai upaya untuk lebih memudahkan komunikasi kepada pemerintah. Sesuai pertemuan, Rektor Unsulbar bersama Ketua STAIN Majene akan membentuk sruktur kepengurusan.

“Mudah-mudahan Januari 2018 sudah bisa dibentuk dan diharapkan mendukung  pemerintah dalam mendukung program peningkatan kualitas SDM di Sulbar,” tuturnya.

Kepala Balitbangda Sulbar Djamil Barambangi mengutarakan dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan dosen harus sesuai yang diharapkan dan juga dengan kemampuan APBD Sulbar. Karena dananya akan diperuntukkan bagi universitas yang dianggap layak.

“Kualitas yang harus menjadi utama dalam sebuah universitas, jangan hanya mengandalkan ijazah dan juga beasiswa yang diberikan harus betul-betul yang tidak mampu tapi berprestasi,” ungkap Djamil.

Wakil Rektor II Unsulbar Anwar Solihin menyampaikan para rektor di Sulbar akan siap mendukung visi-misi Pemprov dalam peningkatan SDM bagi generasi penerus pemimpin daerah.

“Pertemuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sulbar terhadap peningkatan  SDM bagi generasi penerus,” terangnya.

Selain itu, Unsulbar sendiri pada pendaftaran lalu jumlah calon mahasiswa baru sebenyak 7.000 orang. Sementara yang diterima untuk tahun ini hanya 2.000 orang, berati 5.000 orang selebihnya akan  disalurkan ke perguruan tinggi swasta.

“Unsulbar diharapkan tidak menjadi perguruan tinggi yang dapat menjatuhkan  perguruan lain, maka melalui forum rektor akan tercipta suatu kerja sama. Kita sambut baik ide-ide beliau bagaimana meningkatkan SDM, salah satunya melalui pemberian beasiswa,” tandasnya.

Sekedar diketahui, pertemuan tersebut dihadiri Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kepala Badan Penelitian Sulbar Djamil Barambanggi, Kepala BPSDM Sulbar Farid Wajdi, para rektor dan wakil rektor universitas serta pimpinan perguruan tinggi se-Sulbar. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *