Untuk Persiapan Rekrutmen, Polres Bimbing Pelajar SMA

  • Whatsapp
Untuk Persiapan Rekrutmen, Polres Bimbing Pelajar SMA

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Sebanyak 200 siswa siswi SMA sederajat mengikuti pelatihan dan bimbingan (latbim) pendaftaran Polri di Mapolres Mamuju, Rabu 22 November.

Humas Polres Mamuju Bripka Irwan mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memudahkan bakal calon peserta dalam melakukan registrasi dan tes saat ketika terdapat pendaftaran polisi dikemudian hari.

Bacaan Lainnya

“Ini lebih seperti pembekalan. Supaya siswa bisa mengikuti tes dengan lancar tanpa rasa khawatir,” ungkap Bripka Iwan, Rabu 22 November.

Latbim yang diberikan beragam. Mulai dari tes kesehatan, tinggi badan, fisik, mental dan berkas administrasi, sebagai mana syarat untuk menjadi anggota Polri.

Bagi mereka yang sudah memenuhi standarisasi, sudah bisa mengikuti pendaftaran. Tetapi latbim tersebut tidak memastikan siswa akan lulus ketika mendaftar. Tergantung bagaiman mereka mengikuti tes nanti.

“Lebih pada persiapan yah. Sebab ketika ada lowongan nanti, mereka bisa langsung mendaftar karena sudah memenuhi persyaratan. Bagi siawa yang tak lolos diberikan pemahaman bahwa dia tak bisa ikut tes Polri,” paparnya.

Siswa yang mengikuti tes tak dipungut biaya. Itu inisiatif Polres dan Pemkab Mamuju untuk mempersiapkan pemuda daerah yang akan mengikuti tes Polri.

“Latbimnya akan berlangsung sepekan. Siswa berasal dari sekolah yang ada di daerah ini, karena memang program ini khusus untuk Mamuju,” tambah Bripka Iwan.

Salah satu peserta, Muhammad Gibran mengaku beruntung atas diadakannya latbim. Dia bisa mengetahui berbagai tes yang akan dilalui ketika mendaftar menjadi Polri.

“Saya kan baru pertama kali. Jadi kesannya sangat bermanfaat. Apalagi memang saya mau jadi polisi,” tandasnya. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *