Bahas Data Pemilih, Panwaslu Kembali Gelar Rakor Bersama Stakeholder

  • Whatsapp
Bahas Data Pemilih, Panwaslu Kembali Gelar Rakor Bersama Stakeholder

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Data pemilih yang tidak valid seringkali menjadi penyebab terjadi sengketa pada pesta demokrasi yang dihelat. Dengan begitu, validnya data pemilih dipastikan menghasilkan pemilu yang baik.

Hal tersebut di katakan Bupati yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Matra, Makmur dalam sambutannya membuka acara rakor bersama stakeholder se-Matra. Dilaksanakan Panwaslu Matra, di aula Hotel Trisakti, Rabu 6 Desember.

Bacaan Lainnya

Makmur berharap kepada para stakeholder dalam hal ini pemerintah desa, untuk ikut serta membantu pemutahiran data hingga ke tingkat dusun. Memperbaiki data pemilih bagian terpenting dalam menciptakan pemilu yang baik.

“Rakor ini bagaimana kita bisa duduk dan mendiskusikan tata cara yang bisa memperbaiki data pemilih di tingkat desa ke bawah. Sehingga tidak terjadi lagi carut marut data pemilih,” kata Makmur.

Ketua Panwaslu Matra Syamsudin mengatakan, rakor bersama stakeholder ini dalam rangka pemutahiran data menghadapi pemilu tahun 2019.

Syamsudin menjelaskan, paradigma yang dibangun lembaga kepengawasan sudah mengalami perubahan. Bahwa partisipasi masyarakat bukan datang sekedar untuk memilih tapi belajar bagaimana aktif mengawasi pemilihan umum, dan pengawasaan tersebut akan dilaporkan ke Panwaslu sebagai laporan dugaan jika ada.

“Disertai dengan tingginya partisipasi dan pemberian ruang masyarakat dalam pengawasan, maka pemilu akan berjalan lebih baik dan lebih berkwalitas,” ujar Syamsudin.

Kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo menambahkan, rakor ini akan melahirkan rekomendasi yang diperhadapkan kepada stakeholder yang berurusan dengan pihak yang terkait, terutama pada pemerintah, keamanan, dan KPU sebagai pelaksana penyelenggara teknis.

“Hubungan pengawasan dan data pemilih sangatlah erat. Pasalnya data yang valid secara otomatis dapat memperkecil celah pelanggaran pemilu,” singkat Sulfan yang juga mantan Komisioner KPU Majene.

Kegiatan ini direspon positif dan mendapatkan apresiasi dari Polres Matra yang hadir diwakili Wakapolres Matra Kompol Mihardi.

Ia mengatakan, apa yang digagas Panwas Matra adalah hal yang sangat positif dalam menghasilkan penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitas, karena mampu mengundang dan mempersatukan semua stakeholder khususnya para kepala desa se Kabupaten Matra, dalam upaya capaian sukses data pemilih, sehingga tertib dan lancar pada semua level yang ada di Matra. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *