Bhabinkamtibmas Pekkabata dan Darma, Raih Simpati Masyarakat, Dengan Kepedulian Sosial

  • Whatsapp
Bhabinkamtibmas Pekkabata dan Darma, Raih Simpati Masyarakat, Dengan Kepedulian Sosial

sulbarexpress.fajar.co.id, POLEWALI – Bhabinkamtibmas Pekkabata Brigpol Mukhlis dikenal dekat sama warga binaannya, selain membina warga binaannya dirinya juga kerap aktiv dalam membantu masyarakat setempat.

Olehnya itu, tidak hanya mengemban tugasnya dalam membina desa binaannya, namun bhabinkamtibmas ini mampu mendekatkan diri dengan masyarakat. Itulah yang tercermin dalam sikap Brigpol Mukhlis Bhabinkamtibmas Polsek Polewali  saat melayat ke rumah duka almarhumah ST Johara warga Lingkungan Mombi Kelurahan Darma Kecamatan Polewali yang meninggal dunia karena sakit di usia 70 Tahun, Selasa 12 Desember.

Bacaan Lainnya

“Karena sebagai Bhabinkamtibmas dituntut untuk lebih dekat dengan warga binaannya guna menciptakan hubungan yang baik sehingga akan lebih mudah dalam pelaksanaan tugas karena masyarakat selalu mendukung dan bekerja sama menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” kata Mukhlis Bhabinkamtibmas penerima penghargaan penggerak kepedulian sosial dari Mabes Polri ini.

Apa yang dilakukan oleh Brigpol Muhlis mengantar jenazah dan melayat ke rumah duka warga binaannya merupakan salah satu upaya yang dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri.

Menurutnya, dalam rangka membangun empati antara Polri dan masyarakat, perlu dipahami dua kemampuan yakni kemampuan saling mempercayai dan empati. Empati adalah kunci membina kepercayaan dari masyarakat. Rasa percaya sangat relevan dalam kondisi sosial tertentu.

“Supaya kepercayaan pulih, Polri bisa mengembangkan norma dan kode etik yang mewajibkan anggota supaya tidak mengkhianati warga masyarakat yang memercayainya,” ungkap Mukhlis.

Selain itu, polisi yang memiliki empati tinggi memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang lebih tinggi juga. Karena polisi berusaha memahami maupun peduli dengan kebutuhan, kepentingan, dan keprihatinan masyarakat.

“Dengan begitu maka polisi memiliki bekal informasi dan pengetahuan yang diperlukan supaya profesinya dapat dijalankan lebih baik,” tandasnya.(ali/hab)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *