Harga TBS Alami Penurunan

  • Whatsapp
Harga TBS Alami Penurunan
sulbarexpress.co.id, MAMUJU – Penetapan harga TBS Sulbar mengalami penurunan 0,68 sen rupiah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Keputusan ini hasil rapat tim di kantor Dinas Pertanian Sulbar, Kamis 7 Desember.
Kepala Bidang Perkebunan Abdul Waris mengatakan penetapan harga TBS bulan ini mengalami penurunan, tetapi tidak terlalu banyak dari harga yang ditetapkan pada bulan sebelumnya.
“Kita sepakati bersama harga TBS bulan ini yaitu Rp.1.456,76. Ada penurunan harga 0,68 sen tapi itu tidak terlalu mempengaruhi,” kata Waris.
Ia menambahkan penurunan harga TBS diakibatkan produksi TBS pada petani yang mengalami penurunan dan ditambah dengan cuaca pada bulan ini tidak terlalu bersahabat.
Harga TBS Alami Penurunan
“Kita juga harus melihat dua sisi yaitu perusahaan dan para petani sehingga kita ambil kesimpulan yang tidak merugikan kedua pihak. Disamping itu juga memang pada akhir tahun seperti ini produksi petani agak menurun,” tambahnya.
Lanjutnya, invoice yang dimiliki perusahaan sama sekali satupun tidak memasukkan datanya, melainkan hanya catatan sementara saja yang bisa dipedomani.
“Kita sudah sepakati kalau perusahaan tidak memasukkan invoice penetapan tetap dilakukan oleh tim,” ungkap Waris.
Sedangkan, Ketua Apkasindo Sulbar Kasruddin menyampaikan tim penetapan harga TBS sudah berjalan maksimal, dimana dalam penetapan pada bulan ini tidak yang terlalu dirugikan oleh kedua pihak baik itu perusahaan maupun petani Sulbar.
“Tim sudah mulai menggali aturan-aturan untuk dipakai dalam penetapan harga TBS, sekarang ini sudah mulai prestasi yang baik dan semoga tahun 2018 terus seperti ini,” terangnya.
Selain itu, Askasindo Sulbar juga menilai penurunan harga TBS bulan ini tidak terlalu signifikan dan tidak mempengaruhi penjualan para petani yang ada di Sulbar.
“Kita juga harus lihat kondisi produksi yang dilakukan perusahaan. Jadi penurunan harga TBS ini sudah sesuai dari mekanismenya,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *