Hari Juang Kartika, Korem Demonstrasikan Beladiri Yong Moo Doo

  • Whatsapp
Hari Juang Kartika, Korem Demonstrasikan Beladiri Yong Moo Doo

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Berdasarkan Keputusan Presiden RI No 163/1999, Hari Juang Kartika dilaksanakan setiap tahun. Momen ini awalnmulanya bernama Hari Infanteri pada tanggal 15 Desember

Peringatan ini digelar untuk mengenang jasa pahlawan pada pertempuran Ambarawa pada 15 Desember 1945 dimana pasukan TKR yang dipimpin Jenderal Sudirman menyerbu pasukan tentara Sekutu yang hendak menguasai Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

Walaupun dihadang dengan seluruh kekuatan persenjataan modern serta kemampuan taktik dan strategi Sekutu, para pejuang RI tak pernah gentar sedikit pun.

Mereka melancarkan serangan dengan gigih seraya melakukan pengepungan ketat disemua penjuru kota Ambarawa. Akhirnya pihak Sekutu terdesak mundur dari Ambarawa menuju Semarang, peristiwa ini juga menandai populernya semboyan “Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti” yang kerap dijadikan motto perjuangan.

Memperingati Hari Juang Kartika tahun 2017 ini, Korem 142 Taroada Tarogau (Tatag) akan menampilkan sejumlah atraksi militer yang salah satunya ialah atraksi beladiri Yang Moo Doo dari Prajurit Yonif 721 Makassau.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 142 Tatag Mayor Infanteri Haryo Mustoko mengungkapkan selain prosesi upacara Hari Juang Kartika juga bakal digelar bakti sosial.

“Besok (hari ini,red) usai upacara kita akan gelar demonstrasi bela diri Yong Moodo dari Prajurit Yonif 721 Makassau. Usai kegiatan upacara juga akan digelar kegiatan bakti sosial, diantaranya sunatan massal, pengobatan, serta donor darah,” ucap Kapenrem 142 tatag, Kamis 14 Desember.

Dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut, personel Korem telah mengadakan gladi yang juga dihadiri personel Brimob Polda juga Satpol PP Pemprov Sulbar.

“Persiapan demi persiapan terus dilaksanakan termasuk gladi bersih yang dilaksanakan hari ini (kemarin, red) yang juga hadir pasukan dari Polda, Brimob, Satpol PP, prajurit Makorem serta ASN Korem 142 Tatag,” tambahnya.

Selain pelaksanaan upacara serta bakti sosial dalam memperingati Hari Juang Kartika, Korem juga bakal melaksanakan serah terima jabatan Kepala Staf Korem (Kasrem) 142 Tatag dari Letkol Inf Priono kepada Letkol Arh Muhammad Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Dandim 1418 Mamuju pada pukul 15.00 Wita. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *