Pemda Seminarkan Pembentukan Dinas Perkebunan

  • Whatsapp
Pemda Seminarkan Pembentukan Dinas Perkebunan

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Utara (Matra) melalui Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Daerah menggelar seminar pembentukan Dinas Perkebunan. Seminar yang dihadiri puluhan peserta dan dibuka lansung Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Umum di aula Hotel Trisakti Pasangkayu, Selasa 19 Desember.

Dalam sambutan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Umum, Ilham mengatakan, seminar ini adalah sebagai tindak lanjut seminar pembentukan OPD baru yakni Dinas Perkebunan. Dasarnya sangat jelas, di wilayah Matra terdapat sektor perkebunan sangat luas, sehingga diangggap perlu ada OPD khusus fokusi tentang perkebunan.

Bacaan Lainnya

“Saat ini kan terdapat bidang perkebunan yang melekat pada Dinas Pertanian, beberapa tahun terakhir ini di nilai urusan Perkebunan tidak maksimal dijalankan. Pada intinya seminar ini merupakan langkah pembentukan OPD yang mengurus perkebunan berdiri sendiri, agar lebih fokus dan pengawasannya bisa lebih maksimal,” ujar Ilham.

Kepala Bagian Ortala Setdakab Matra Mujahit menambahkan, setelah seminar akan ditindaklanjuti pengusulan OPD baru yang nantinya akan ada perubahan peraturan daerah. Jika memungkinkan perubahan itu bisa bersamaan dengan OPD lain, tentu apabila masih ada yang dianggap perlu diubah.

“Jadi ini hanya langkah awal pemerintah daerah dalam rangka pembentukan atau pemisahan OPD. Walau dari kementerian digabung, tapi di daerah tidak mesti sama, karena banyak pertimbangan,” singkat Mujahit.

Sekedar diketahui, pemateri seminar tentang kajian pembentukan Dinas Perkebunan Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara Tahun 2017 dibawakan oleh Drs. Justinus Djoko Purwanto, tenaga ahli bidang kelembagaan Kabupaten Bandung. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *