Pertemuan Akhir Tahun BI, Pertumbuhan Ekonomi Diyakini Meningkat

  • Whatsapp
Pertemuan Akhir Tahun BI, Pertumbuhan Ekonomi Diyakini Meningkat
sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Pertumbuhan ekonomi Sulbar terus diyakini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sebab potensi yang dimiliki Sulbar cukup besar jika dikelola dengan baik.
Olehnya itu, perwakilan Bank Indonesia Sulbar melaksanakan pertemuan tahunan dengan mengangkat tema “Memperkuat Momentum” di d’Maleo Hotel & Convention Mamuju, Selasa 19 Desember.
Kepala Perwakilan BI Sulbar Dadal Angkoro mengatakan Sulbar memiliki potensi yang sangat tinggi seperti produksi industri kelapa sawit, aktivitas perdagangan semakin ramai, kontruksi semakin maju, irigasi dan pembangkit listrik.
“Pertumbuhan ekonomi yang dimiliki Sulbar terus mengalami peningkatan. Namun masih perlu didorong dari berbagai sektor agar terus mengalami peningkatan yang signifikan,” kata Dadal.
Ia menambahkan stabilitas perekonomian yang dimiliki Sulbar didukung juga stabilitas sistem keuangan yang baik.
“Kita boleh berbangga, di tengah perlambatan pertumbuhan kredit nasional, kredit perbankan di Sulbar masih dapat tumbuh 10 persen. Tidak hanya itu, tingkat risiko penyaluran kredit di Sulbar sangat rendah. Tercermin dari rasio non performing loan (NPL) atau rasio kredit bermasalah uang hanya di kisaran 1,5 persen,” ungkap Dadal.
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan akan terus berupaya meningkatkan perekonomian Sulbar dari berbagai sektor potensi yang dimiliki
“Ada sektor perikanan, sektor pertanian, sektror industri, sektor pendidikan, sektor kesehatan maupun sektor yang lainnya. Saat ini juga kita meningkatkan infrastruktur agar ekonomi kita bisa tumbuh,” tuturnya.
Lanjutnya, melalui program-program unggulan pemprov diyakini pada tahun 2018 bisa mengalami peningkatan dengan cepat.
“Kita juga selalu optimis pertumbuhan ekonomi akan cendurung meningkat. Terutama pada konektivitas lintas daerah seperti transportasi yang akan kita juga prioritaskan,” ujara Gubernur.
Gubernur juga menyampaikan Pemprov akan mendorong komoditas yang dimiliki daerah agar bisa mandiri dan menghasilkan produk-produk yang unggul.
“Kita juga akan mendorong program kita. Komoditas yang ada di masyarakat juga akan kita tingkatkan. Kita akan mengundang semua kabupaten untuk memamerkan produk unggulannya. Jadi nantinya akan kita bawa ke Rusia untuk dipromosikan,” terangnya.
Selain itu, masyarakat Sulbar juga akan terus diberikan keterampilan agar bisa mandiri dan menghasilkan produk yang baik untuk kemajuan kedepan.
“Kami dari Pemprov akan mendorong masyarakat untuk diberikan keterampilan agar peningkatan taraf hidupnya bisa meningkat,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *