Dapat Tambahan 8 Ribu Blangko, Prioritas yang Belum Punya e-KTP

  • Whatsapp
Dapat Tambahan 8 Ribu Blangko, Prioritas yang Belum Punya e-KTP

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Matra kembali mendapatkan tambahan delapan ribu blangko e-KTP.

“Alhamdulillah, akhir pekan kemarin kami baru jemput dari Kemendagri,” kata Kepala Disdukcapil Matra Irfan Rusli Sadeq, Rabu 10 Januari.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan, dari delapan ribu tambahan blangko tersebut, akan diprioritaskan kepada masyarakat yang belum memiliki e-KTP.

“Kami memohon maaf untuk saat ini tidak melayani permintaan pergantian dan cetak ulang e-KTP yang memiliki batas waktu berlaku. Itu kami lakukan berdasarkan UU Nomor 24 tahun 2013 yang menyatakan dengan tegas bahwa KTP yang telah habis masa berlakunya dinyatakan berlaku seumur hidup, sepanjang fisik KTP tidak rusak seperti terkelupas, patah atau elemen datanya tidak berubah,” imbuh Irfan.

Ia menambahkan, delapan ribu keping blangko ini akan dibagi merata pada 12 kecamatan yang ada di Matra. Pihaknya akan memanggil seluruh camat untuk menyerahkan data pengajuan sesuai tanggal perekaman.

“Database kami sudah punya, hanya saja membutuhkan pengajuan dari masing-masing camat, karena mereka yang mengetahui data lanjutan yang harus dicetak,” terang mantan Kabag Humas dan Protokoler Sekda Matra tersebut.

Irfan berjanji, pihaknya akan mengoptimalkan pencetakan e-KTP, karena hal ini juga mempengaruhi untuk mendapatkan tambahan blangko.

“Prinsipnya blangko akan ditambah jika Pemda menyelesaikan pencetakan, makanya kami kejar penyelesaian pencetakan dan berharap bisa mendapat tambahan. Sehingga tahun ini kami bisa merampungkan pencetakan pengajuan yang masih menumpuk,” tutupnya. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *