Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi, Peran Perbankan Perlu Dorongan

  • Whatsapp
Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi, Peran Perbankan Perlu Dorongan

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Perjalanan Sulbar seagai provinsi muda di Indonesia tentu membutuhkan percepatan pertumbuhan ekonomi agar bisa setara dengan provinsi lainnya.

Pertumbuhan ekonomi dari segi usaha dan perbankan sangat membantu kemajuan Sulbar kedepan. Sehingga perputaran ekonomi di Sulbar bisa meningkat.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Sulbar Dadal Angkoro mengatakan potensi yang dimiliki Sulbar sangat besar. Seperti usaha kecil menengah yang masih butuh polesan untuk memacu atau meningkatkan usahanya.

“Butuh kerja keras untuk bisa setara dengan provinsi lain yang lebih duluan meningkat pertumbuhan ekonominya. Meskipun pencapaian ekonomi Sulbar rata-rata nasional sudah cukup baik,” kata Dadal, Rabu 3 Januari.

Ia menambahkan kenaikan pertumbuhan ekonomi 10 persen tidaklah cukup untuk kemajuan Sulbar kedepan. Sangat dibutuhkan percepatan pertumbuhan minimal 20 persen atau 30 persen agar bisa mengejar ketertinggalan.

“Semua orang sudah bicara tentang potensi Sulbar seperti sekor pertanian, perkebunan, perikanan, dan bisa ditopang oleh pariwisata. Kalau para pengusaha lokal bisa memanfaatkannya dan diberikan kepercayaan untuk terus maju, maka yakin kita bisa mengejar ketertinggalan tadi,” tambahnya.

“Baik itu pengusaha ikan, pengusaha kakao dan yang lainnya. Perlu disentuh dan diajarkan agar berani mengambil tindakan dalam mengembangkan usahanya dari sektor tadi itu yang memiliki potensi besar,” ungkap Dadal.

Dadal juga menyampaikan BI Sulbar terus membangun komunikasi dengan pemerintah untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki Sulbar. Berbagai pelatihan usaha juga terus dilakukan BI agar bisa meningkatkan usaha kecil dan menengah.

“Jika ini sudah membaik dan meningkat, maka sektor perbankan akan ikut berkembang karena perputaran uang semakin meningkat di Sulbar. Dorongan ini yang perlu kita intensifkan,” bebernya.

Selain itu, para investor yang masuk di Sulbar dalam melakukan transaksi keuangannya tidak lagi keluar daerah.

“Kalau sudah tidak ada lagi transaksi di luar Sulbar, maka perputaran uang yang dikelalo bank di Sulbar akan terus meningkat,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *