KPU Mamasa Gelar Apel Coklit Serentak, Bentuk Kesiapan KPU Gelar Pilkada

  • Whatsapp
KPU Mamasa Gelar Apel Coklit Serentak, Bentuk Kesiapan KPU Gelar Pilkada

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMASA – Bertempat di Lapangan Tennis Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa menggelar apel gerakan coklit serentak dengan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS)) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPD).

Dalam amanahnya, Koordinator Divisi Data KPU Provinsi Sulbar, Adi Arwan Alimin selaku pembina apel meyampaikan, apel yang dilakasanakan merupakan agenda nasional, untuk kampanye serentak pencocokon dan penelitian (coklit) data pemilih.

Bacaan Lainnya

“Apel ini dimaksudkan agar kita menunjukkan kesiapan yang dilakukan di seluruh Indonesia yang melibatkan PPK, PPS, dan PPDP,” ujarnya, Sabtu 20 Januari

Sementara itu, Ketua KPU Mamasa, Suryani T. Dellumaja mengungkapkan, kegiatan yang ia selenggarakan tidak direncanakan dari awal, sehingga peserta yang hadir hanya diikuti lima kecamatan.

“Ini dilakukan diseluruh Indonesia, dengan gerakan coklit bagi yang melaksanankan Pilkada serentak yang diikitu 171 daerah,” ungkapnya.

Metode yang digunakan dalam pencoklitan untuk hari ini kata Suryani, adalah semua penyelenggaraan maulai dari KPU RI sampai ditingkat kecamatan, mendatangi minimal 5 rumah untuk dilakukan coklit, “Sesuai jadwalnya, pencoklitan ini dilakukan mulai 20 Januari, sampai 18 Februari 2018,” kata Suryani.

Lebih jauh Suryani menjelaskan, coklit tersebut dilakukan berdasarkan hasil sinkronisasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4), dangan jumlah 122.660, yakni laki-laki sebanyak 62.255 orang, dan perempuan sebanyak 60.405 orang, dengan daftar pemilih tetap (DPT) terakhir dengan jumlah 117.451 orang.

“DP4 ini yang kemudian kita coklit, tentunya jumlah ini masih berpotensi bertambah, jika ada pemilih pemula, dan berpotensi berkurang jika sebelumnya ada yang sudah meninggal dan yang ganda,” pungkasnya. (mg1/smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *