MAN Mamuju Belajar Perbankan ke BI Sulbar

  • Whatsapp
MAN Mamuju Belajar Perbankan ke BI Sulbar

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Sebanyak 61 siswa MAN Mamuju menggelar Studi Observasi Lapangan (SOL), di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulbar, Jumat 20 Januari.

Kunjungan diikuti siswa kelas X, jurusan IPS dan didampingi langsung para guru di sekolah tersebut.

Bacaan Lainnya

Guru studi Ekonomi MAN Mamuju Indah Kurnia Ningsih menjelaskan, selama ini para guru sudah memberikan berbagai materi di bidang ekonomi. Tapi, itu belum cukup. Selain indoor, siswa pun harus mengikuti praktek di luar sekolah. Upaya tersebut guna memaksimalkan pengetahuan yang mereka peroleh.

“Jadi untuk mengefektifkan pembelajaran, kami bawa ke pusatnya langsung yaitu BI Sulbar,” kata Indah, kemarin.

Dia melanjutkan, dari studi itu, diharapkan siswa bisa memahami tugas, fungsi dan kewenangan BI, dalam sektor perekonomian Indonesia. Utamanya dalam mengkalasifikasi, perbedaan antara BI dan bank konvensional.

Sebab, meski tetap menggunakan kata bank, BI memiliki tupoksi yang sangat berbeda.

“Nah perbedaan ini yang siswa harus pahami. Begitupun dengan alat pembayaran,” jelasnya.

Indah Kurnia menambahkan, selain itu, materi lain yang dianggap penting adalah ciri-ciri keaslian uang. Siswa perlu mengetahui jelas keaslian uang agar bisa mendeteksi atau mengidentifikasi uang yang beredar apakah asli atau palsu.

“Siswa juga perlu tahu agar tak menjadi korban peredaran uang palsu. Apalagi siswa ini bisa menyosialisasikannya ke siswa lain, keluarga dan warga di sekitar lingkungannya,” kata Indah.

Kepala KPw BI Sulbar Dadal Angkoro mengapresiasi kunjungan tersebut. Dia menilai, upaya itu bisa membantu tugas BI melakukan sosialisasi tupoksi kerja BI. Dampaknya penyebaran informasi bisa lebih maksimal di lingkungan masyarakat.

“Saya sangat senang, karena melalui kunjungan ini, informasi dan edukasi BI bisa tersalurkan ke siswa,” jelasnya.

Dadal pun mengaku senang, jika nanti ada siswa dari jenjang pendidikan lain datang melakukan kegiatan serupa. Banyak informasi penting yang harus warga tahu mengenai tupoksi BI.

Utamanya dalam mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan uang palsu dan cara memperlakukan uang dengan baik.

“Kita selalu lakukan sosialisasi dan penyuluhan. Tapi jika ada yang ingin datang, kami akan terima dengan senang hati,” tandas Dadal. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *