Panwascam Beri Pemahaman Pemilu di Sekolah

  • Whatsapp
Panwascam Beri Pemahaman Pemilu di Sekolah

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pasangkayu mengadakan sosialisasi dan pendidikan politik di sekolah-sekolah SMA sederajat. Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman tentang pemilu serta menekan angka pelanggaran.

Sosialisasi yang dilaksanan di SMA Negeri 2 Pasangkayu, Jumat 19 Januari, juga bertujuan meningkatkan kesadaran pemilih pemula terhadap pelanggaran pemilu dan cara mencegahnya.

Bacaan Lainnya

Ketua Panwaslu Matra Syamsudin dalam materinya menjelaskan, sosialisasi ini sangat mendukung tujuan Panwaslu Matra dalam mengawasi pemilihan umum (pemilu) 2019 nanti.

Lebih lanjut, Syamsudin menambahkan, pengawasan pemilu difokuskan pada pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilihan atau pemilu serta sengketa pemilu.

Karenanya, sangat penting dilakukan sosialisasi bagi pemilih khususnya pemilih pemula untuk memastikan pemilu 2019 dapat berjalan sesuai ketentuan yang ada.

“Sosialisasi yang sudah kami sampaikan dengan topik pencegahan pelanggaran dan pendidikan politik pemilu legislatif serta Presiden 2019. Memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi bagaimana mencegah pelanggaran pemilu sehingga tercipta pemilihan yang berkualitas dalam menghasilkan pemimpin yang juga berkualitas,” jelas Syamsudin.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Paswascam Pasangkayu Aswar Anas kepada pemilih pemula untuk bisa bersama-sama mengawasi tahapan penyelenggaran pemilu. Serta berani melaporkan kepada lembaga pengawas pemilu jika melihat ada dugaan pelanggaran.

“Mari bersama-sama ikut mengawasi pemilu, adik-adik bisa ikut berpartisipasi dalam mengawasi dan melaporkan adanya dugaan-dugaan pelanggaran pemilu. Kalian adalah generasi muda yang menentukan daerah dan bangsa dalam memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” tutup Syamsudin.

Di akhir acara, Kepala SMA Negeri 2 Pasangkayu, Rezkiah mengucapkan banyak terimakasih kepada Panwascam yang sudah memfasilitasi sosialisasi dan pendidikan politik kepada siswa-siswi SMA. Terutama kepada Ketua Panwaslu atas kesempatan dan materianya.

“Kami pastikan, para siswa-siswi mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemilu dan pelanggaran. Bagaimana pun mereka adalah pemilih pemula yang bisa ikut serta menyukseskan pemilu 2019 mendatang,” singkat Rezkiah. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *