Pedagang Dapat Jaminan Ketenagakerjaan

  • Whatsapp
Pedagang Dapat Jaminan Ketenagakerjaan

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Untuk menjamin ketenagakerjaan bagi para pedagang di Kabupaten Pasangkayu, Pemerintah Daerah menggelar sosialisasi Peraturan Bupati Mamuju Utara Nomor 49 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kegiatan yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Pasangkayu Natsir dan Kepala Kantor BPJS Cabang Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Usman Rappe, membahas kepesertaan yang terurai dalam Perbup No. 49 Tahun 2017. Digelar di aula kantor bupati Pasangkayu, Senin 29 Januari.

Bacaan Lainnya

Dalam materinya, Usman Rappe menjelaskan, bahwa setiap tenaga kerja baik itu penerima upah maupun bukan penerima upah, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan, wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mendaftarkan, lanjut Usman, tenaga kerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu setiap pemberi kerja harus mengajukan pendaftaran kepada Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga BPJS mengcover jaminan kecelakaan kerja (JKK) sebagai salah satu risiko kerja.

“Manfaatnya sangat jelas. Seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), merupakan jaminan yang memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan pada saat mulai berangkat bekerja sampai tiba kembali di rumah atau menderita penyakit yang berkaitan dengan pekerjaannya,” jelas Usman Rappe.

Selain itu juga ada Jaminan Kematian (JKM) yang diperuntukkan bagi ahli waris pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja.

“JKM meliputi, santunan kematian, santunan berkala, dan biaya kematian. JKM sangat penting bagi pekerja, paling tidak bisa membantu meringankan beban keluarga dalam bentuk biaya pemakaman dan uang santunan,” urai Usman.`

Di akhir acara dilakukan penandatanganan MoU antara Bupati Pasangkayu dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar tentang penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pedagang pasar. Selanjutnya penandatanganan MoU antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar dengan Dinas Koperindag Kabupaten Pasangkayu tentang penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pedagang pasar. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *