Realisasi APBN Tahun 2017, Capaiannya Positif dan Makroekonomi Terjaga

  • Whatsapp
Realisasi APBN Tahun 2017, Capaiannya Positif dan Makroekonomi Terjaga

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Sulbar mendapat capaian positif atas realisasi APBN perubahan tahun 2017 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kepala DIrektorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPBN) Sulbar Saiful Islam mengatakan Pemprov Sulbar sudah berhasil mencapai penilaian positif pada pengelolaan keuangan tahun 2017.

Bacaan Lainnya

“Perekonomian Sulbar sepanjang tahun 2017 dapat dilalui dengan capaian positif dan terjaganya stabilitas makroekonomi. Capain itu dilihat atas tumbuhnya perekonomian di atas target nasional sebesar 5,05 persen serta capaian inflasi rendah dan terkendali,” kata Saiful.

Ia menambahkan penilaian tersebut juga datang dari capaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sulbar tahun 2017 yang cukup tinggi.

“Pemprov berhasil meraih capaian penilaian tertinggi penyusunan LKPD tahun 2016, dimana enam pemda mendapatkan opini WTP dan 1 pemda memperoleh opini WDP,” tambahnya.

Kata dia, realisasi pendapatan dan belanja negara juga turut memberikan andil positif atas pembangunan yang terus dilakukan Pemprov Sulbar pada tahun 2017.

“Mulai dari DIPA yang sudah disalurkan baik itu pagu kementerian atau kelembagaan, dana desa, serta realisasi transfer daerah,” ungkap Saiful.

Saiful juga berharap agar realisasi penggunaan keuangan daerah pada tahun 2018 bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk kemajuan Sulbar kedepan.

“Diharapkan alokasi anggaran tahun 2018 dapat segera diserap lebih awal,” tandasnya.

Selain itu, penggunaan dana desa juga diharapkan terus diawasi secara bersama-sama oleh Pemda agar tidak di luar dari penggunaannya. (hab)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *