Pembangunan Tanggul Sungai di Bambakoro, Kades Berharap Ada Program Lanjutan

  • Whatsapp
Pembangunan Tanggul Sungai di Bambakoro, Kades Berharap Ada Program Lanjutan

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Memasuki musim hujan awal tahun ini, Kepala Desa Bambakoro Akib As’ad berharap kelanjutan pembangunan tanggul tebing sungai Lariang di Desa Bambakoro Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu.

“Saya mewakili masyarakat sangat berharap pemerintah kembali melanjutkan pembangunan tanggul sebab erosi di wilayah kami masif sejak 2010 lalu sampai sekarang. Sudah tak terhitung lagi berapa kerugian masyarakat. Kebun bahkan pemukiman warga habis terkikis sungai,” harap Akib.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, awalnya yang diketahui bersama proyek APBN yang dikerjakan tahun anggaran 2017 lalu yakni perencanaan pembangunan tebing sungai Bambakoro sepanjang 615 meter.

Tapi yang terealisasi saat ini hanya kisaran 120 meter saja. Meski demikian, lanjut Akib, pemerintah dapat memprioritaskan kelanjutan pembangunanya tahun ini.

“Ya, jika memang tahun kemarin belum bisa terealisasi sepenuhnya, tahun ini mudah-mudahan bisa dilanjutkan pembangunan. Sehingga masyarakat bisa tenang saat musim hujan tiba,” kata Akib.

Menurutnya, panjang volume pembangunan tanggul saat ini tidak menjawab persoalan erosi di seputaran Dusun Salupontu. Justru dikhawatirkan bangunan itu akan menjadi delta sebab arus akan terus menggerus bagian hulu tanggul.

“Posisi sungai ini tidak lurus (meliuk), apalagi tikungan sungai itu pas di kepala tanggul sehingga arus akan mudah dan terus mengikis bagian atas dan dalam tanggul yang pada akhirnya bisa menjadi delta,” jelasnya.

Akib mengkhawatirkan, memasuki bulan April mendatang debit sungai Lariang bertambah sebab di bulan tersebut biasanya masuk musim hujan.

“Olehnya ia sangat menginginkan pembangunan tanggul ini bisa berlanjut sebelum musim penghujan dan banjir,” tutup Akib. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *