Program Sahabat Rakyat , Makin Mendekatkan Pemerintah dengan Masyarakat

  • Whatsapp
Program Sahabat Rakyat , Makin Mendekatkan Pemerintah dengan Masyarakat

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Program Pemerintah Kabupaten Mamuju dalam bentuk Safari Sehari Berbakti Untuk Rakyat dengan tagline Sahabat Rakyat kian mendapat sambutan positif dari warga. Terkhusus untuk kecamatan yang menjadi tempat pelaksanaan.

Usai Kecamatan Kalumpang pada Januari lalu menjadi tempat Bupati Mamuju Habsi Wahid dan Wakil Bupati Irwan SP Pababari melaksanakan sejumlah program terpadu. Kini program serupa kembali dilaksanakan di Kecamatan Tommo selama Jumat 23 Februari hingga Sabtu 24 Februari.

Bacaan Lainnya

Habsi Wahid dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program tersebut akan terus berkelanjutan sembari ditingkatkan dengan melihat keluhan masyarakat yang ada di daerah tempat pelaksanaan terkait pelayanan umum pemkab selama ini.

“Saya melihat animo masyarakat sudah cukup banyak, itu artinya masyarakat membutuhkan program ini. Saya kira ini perlu kita evaluasi dimana kekurangan kita. Seperti misalnya pengurusan KTP, sesungguhnya kalau bisa ada tempat yang didukung oleh jaringan sehingga ketika masuk data dari masyarakat bisa langsung cetak, begitupun dengan kartu keluarga tentu akan lebih baik lagi,” papar Bupati Mamuju.

Selain itu, keterlibatan pihak eksternal dalam program Sahabat Rakyat di kecamatan akan ditambah keikutsertaannya oleh Pemkab Mamuju. Terkhusus di Kecamatan Tommo hanya melibatkan dua pihak eksternal yakni Kantor Pelayanan Pajak Pratama dan perusahaan mobil truk Hino.

“Kedepan kita akan lebih intensif mengajak pihak luar seperti instansi vertikal dan lain-lain. Misalnya juga pihak perbankan. InsyaAllah, Sahabat Rakyat bulan depan sudah banyak pihak luar yang ikut berpartisipasi,” sambung Habsi

Sementara itu, sebagai pihak eksternal yang turut berpartisispasi, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Hadinengrat Nusantoro mengaku bahwa pihaknya merasa terbantu dengan adanya program Sahabat Rakyat. Dimana sebagai instansi vertikal, juga perlu melayanai masyarakat secara langsung, olehnya itu ia berterimakasih karena dapat diikutsertakan memberi pelayanan.

“Dimomen ini kita memang ingin mendekatkan diri ke masyarakat, melayani masyarakat secara langsung, karena kantor kita cuma ada di Mamuju dan ini sangat efisien, terbukti banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan kita,” ungkap Hadinengrat.

Kepala Desa Tommo I Nyoman Sudita mengaku merasakan manfaat dari program tersebut. Menurutnya, Sahabat Rakyat merupakan program yang menguntungkan masyarakat sebab memberikan kemudahan termasuk dari segi transportasi, dimana masyarakat tidak lagi mesti jauh-jauh ke kota Mamuju untuk mengurus kelengkapan perizinan. Olehnya itu, ia berharap program tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.

“Di Desa Tommo sejak kemarin kami telah sampaikan ke masyarakat terkait adanya pelayanan di sini, dan hari ini banyak masyarakat saya yang datang untuk mengurus kelengkapan administrasinya. Ya harapan saya kalau bisa, paling tidak setahun sekali dilakukan kegiatan seperti ini, selain memperbaharui data kependudukan juga memberi kemudahan kepada masyarakat,” harapnya.

Selain Kepala Desa Tommo, masyarakat asal Tommo III, Puang Mappe’ juga merasakan manfaat Sahabat Rakyat. Pria paruh baya ini datang mengurus KTP. Ia mengaku baru berkesempatan untuk mengurus kartu kependudukannya tersebut, sebab jika harus ke Mamuju memakan waktu yang cukup lama.

Untuk diketahui, Sahabat Rakyat singkatan dari Safari Sehari Berbakti Untuk Rakyat, merupakan program Pemkab Mamuju dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Tahun 2018, program ini telah terlaksana didua kecamatan yakni Kecamatan Kalumpang pada bulan Januari lalu dan di Kecamatan Tommo yang baru saja dilaksanakan.

Kegiatan Sahabat Rakyat di Kecamatan Tommo sekaligus mengukuhkan pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Bupati dan Wakil Bupati juga turut menyerahkan 346 keping KTP Elektronik dan benih padi kepada masyarakat Tommo secara simbolis.

Dilanjutkan acara hiburan yang dimeriahkan oleh artis ibu kota keluaran kompetisi dangdut Indosiar, Dewi Zega. Selanjutnya, pelayanan berlangsung pada hari Sabtu 24 Februari yang dipusatkan di SD Inpres Tommo V, dan Puskesmas Satelit Campaloga. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *