Seleksi Calon Anggota KPU, 52 Calon Siap Tes CAT Pekan Depan

  • Whatsapp
Seleksi Calon Anggota KPU, 52 Calon Siap Tes CAT Pekan Depan

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar akan sampai ke tahap pelaksanaan Computer Assistant Test (CAT) atau seleksi tes komputer. Sebanyak 54 peserta yang akan mengikuti tahap ini.

Ketua Tim Seleksi Mirawati Passolong mengungkapkan ada 54 orang yang mengikuti tahapan sebelumnya yaitu seleksi berkas administrasi. Hanya saja dua orang dinyatakan gugur lantaran tidak memenuhi syarat.

Bacaan Lainnya

“Ada dua orang yang dinyatakan gugur dalam seleksi berkas. Hal ini karena berkas tidak diterima meskipun dikirim email dan umur tidak sesuai persyaratan,” ungkap Mirawati saat menggelar konferensi pers di warung Ceuneh, Selasa 27 Februari.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini peserta yang lolos seleksi berkas berhak mengikuti seleksi CAT pada 7 Maret di SMAN 1 Mamuju. Kata dia mereka didominasi oleh demisioner KPUD sebelumnya. Pihaknya juga telah membagi dua timsel untuk penelusuran jejak kependudukan dan prestasi masing-masing calon.

“Persentase kepesertaan, 87 persen didominasi laki-laki dengan jumlah 45 orang, sedang perempuan 7 orang atau 13 persen. Ini juga didominasi oleh demisioner KPUD kabupaten yaitu sebanyak 21 orang dan juga didominasi oleh peserta dengan domisili Mamuju sebanyak 28 orang. Kami telah membagi dua tim untuk menelusuri jejak kepandudukan masing-masing paserta di kabupaten asalnya,” papar Mirawati.

Selain itu Timsel juga menerima tanggapan dan laporan masyarakat terkait rekam jejak peserta seleksi anggota KPU dengan menyertakan fotokopi identitas.

“Bagi masyarakat yang ingin menanggapi kepesertaan salah seorang peserta terkait rekam jejaknya maka harus menyertakan fotokopi identitas di sekretariat kami di hotel Malaqbi. Laporan atau tanggapan masyarakat ini dapat menjadi indikator penilaian di timsel nanti seperti penilaian integritas dan etika,” ungkapnya.

Anggota Timsel Aditia Perdana mengungkapkan bahwa hasil masing-masing tidak mempengaruhi pembobotan nilai atau tidak bersifat kumulatif akan tetapi sistem gugur.

“Sistem seleksi kami tidak berdasarkan penilaian kumulatif tapi sistem gugur, akan tetapi ada beberapa faktor pendukung dalam pemilihan kepesrtaan nanti. Usai CAT akan diseleksi menjadi 35 orang, hingga seleksi terakhir total sepuluh orang yang akan kita serahkan ke KPU pusat,” tandas Aditia Perdana. (bal/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *