Sulbar Express Lolos Verifikasi Faktual, Hadiah Manis HPN 2018

  • Whatsapp
Sulbar Express Lolos Verifikasi Faktual, Hadiah Manis HPN 2018

ALHAMDULILLAH kami ucapkan untuk mengawali tulisan kali ini. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas semua limpahan nikmat yang kita semua rasakan.

TERKHUSUS bagi kami, ungkapan syukur mengawali tulisan ini sebagai bentuk luapan bangga sekaligus beban moral. Bangganya karena Koran Sulbar Express telah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Dewan Pers.

Bacaan Lainnya

Keputusan atas hal ini telah dipublikasikan lewat website resmi Dewan Pers. Dari data penayangan, terlihat tanggal update-nya pada 25 Januari 2018. Ini juga sudah dibenarkan oleh pihak Sekretariat Dewan Pers bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Padang, Sumatera Barat.

Kemudian beban moralnya adalah harus bekerja lebih keras lagi untuk memberikan yang terbaik bagi pembaca setia Sulbar Express. Upaya ini tentu akan terus kami lakukan, agar kedepan Sulbar Express semakin baik dan menjadi kebanggaan masyarakat.

Dalam mewujudkan harapan di atas, Sulbar Express akan tetap mengacu pada platform yang selama ini dipegang. Yakni good news is the best news.

Pola ini kami ambil bukan berarti kami melepaskan fungsi kontrol media. Fungsi itu tetap kami pegang, hanya saja penerapanya kami lakukan dengan gaya ringan atau tidak ekstrem. Segala bentuk kritikan akan kami ramu agar yang bersangkutan tidak terlalu “sakit hati” membaca berita. Bahkan ia tersenyum sembari melakukan penyadaran diri dan perubahan ke arah yang benar.

Selain itu, dapur pacu redaksi memberikan ruang yang cukup besar bagi stakeholder yang telah membuat program inovatif untuk pembangunan masyarakat dan daerah. Penghargaan ini agar yang bersangkutan semakin bersemangat melakukan kebaikan.

Dan yang terpenting, penghargaan yang kami berikan tersebut bisa merangsang orang lain untuk melakukan inovasi dan kebaikan-kebaikan lainya demi pembangunan daerah.

Untuk diketahui, pada medio November 2017 lalu, Dewan Pers melakukan verifikasi faktual di Mamuju, Sulawesi Barat. Saat itu ada beberapa media yang diverifikasi. Antara lain media cetak, online, dan televisi.

Khusus media cetak, yang dilakukan verifikasi adalah Koran Radar Sulbar dan Sulbar Express. Keduanya dinyatakan lolos verifikasi oleh Dewan Pers pada tanggal yang sama.

Secara umum Dewan Pers menyatakan 171 perusahaan media lolos verifikasi administrasi dan faktual selama tahun 2017. Rinciannya adalah media cetak sebanyak 101, media televisi 22, media online 40 dan radio 8.

Sementara tahun lalu juga ada 950 perusahaan pers yang sudah terverifikasi administrasi.
Program pendataan pers nasional menjadi salah satu ujung tombak Dewan Pers dalam menyajikan data untuk memudahkan publik mengenali mana media yang dikelola secara bertanggung jawab dan mana media yang dikelola dengan tujuan praktis tertentu, tanpa melandaskan pada fungsi pers sebagaimana mestinya. (*)

Padang, 9 Februari 2018
Muh. Sholihin
(Pemimpin Redaksi Sulbar Express)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *