TPS-3R Baurung Mati Suri

  • Whatsapp
TPS-3R Baurung Mati Suri

 

sulbarexpress.fajar.co.id, MAJENE – Terdapat dua bangunan tempat pengolahan sampah (TPS) dengan sistem 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) di wilayah Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, seakan mati suri.

Bacaan Lainnya

Masalahnya, program TPS-3R berbasis masyarakat itu, sudah beberapa tahun tidak berfungsi sesuai peruntukannya.”TPS-3R ini ada dua, yakni TPS-3R Siola-ola di Lingkungan Barane dan TPS-3R Siamasei di Lingkungan Pangale, dan kita akan upayakan supaya aktifkan kembali,” tutur Desi Reniyanti Lurah Baurung, Senin 26 Februari.

Untuk mengoptimalkan TPS-3R di wilayahnya, wanita yang baru menjabat Lurah Baurung itu, akan segera berkoordinasi pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Majene, sebagai leading sektor.

“Konsep pengelolaan persampahan ini kita harap berjalan dengan baik. Kebijakaan pengelolaan persampahan dimaksudkan untuk pedoman
pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pemerintah serta KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) menerima manfaat yang melakukan kegiatan pengurang sampah dari sumbernya,” tuturnya.

Kata dia, mengelola sampah di TPS-3R yang telah di bangun pemerintah diharap peran serta masyarakat dapat mewujudkan visi misi Bupati Majene Fahmi Massiara, yakni Majene Mapaccing.

Selain memberdayakan masyarakat lanjut Desi, keberadaan TPS-3R juga mendorong perekonomian sektor pemanfaatan limbah rumah tangga, serta menjaga kelestarian lingkung hidup bersih sampai pada generasi mendatang.

“Kepanjangan dari TPS-3R ini adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi, menggunakan daur ulang), pendekatan pengelolaannya, mulai dari menjemput disetiap rumah, untuk dipilah sampah organik dan non organik untuk dijadikan kompos,” urainya.Ia menambahkan, TPS-3R merupakan prasarana dan sarana pengelolaan persampahan dengan mengenal sampah serta melakukan pemilahan untuk pengomposan¬∑

“Intinya, kita tetap upayakan agar TPS-3R ini dapat difungsikan kembali, karena sangat bermanfaat. Selain kebersihan lingkungan juga memberdayakan masyarakat sekitar,” pungkasnya.(hfd/smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *