Job Fair Resmi Dibuka, Gubernur: Utamakan Warga Lokal

  • Whatsapp
Job Fair Resmi Dibuka, Gubernur: Utamakan Warga Lokal

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Pelaksanaan Job Fair yang dilaksanakan Pemprov Sulbar resmi dibuka, Selasa 6 Maret. Kegiatan ini dirangkaikan dengan peluncuran website BKOLABM.com.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulbar Maddareski Salatin mengatakan pelaksanaan Job Fair dilakukan salah satu upaya Pemprov untuk menekan angka pengangguran yang saat ini mencapai 3,21 persen dan terus mengalami peningkatan.

Bacaan Lainnya

“Kita terus melakukan koordinasi dengan pihak swasta yang ingin menerima karyawan baru dan memberikan fasilitas serta membuka jalan bagi masyarakat untuk ketemu dengan pihak perusahaannya langsung,” kata Maddareski.

Ia menambahkan pada kegiatan Job Fair dirangkaikan juga peluncuran website BKOLABM.com yang memudahkan masyarakat untuk mengakses penerimaan pekerjaan di wilayah Sulbar tanpa harus mengunjungi perusahaan tersebut.

“Semoga website ini bisa membantu para pencari kerja kita di Sulbar. Para perusahaan juga diharapkan terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah jika ingin melakukan penerimaan pekerja, sehingga kita bisa memfasilitasinya,” tambahnya.

Gubernur Sulbar ALi Baal Masdar mengungkapkan perekrutan pekerja baru bagi perusahaan diharapkan betul-betul memperhatikan dan lebih mengutamakan terlebih dahulu bagi para pencari pekerja yang ada di Sulbar.

“Inilah yang kita inginkan, mengkoordinir para perusahaan agar mengambil anak-anak kita untuk berkesempatan bekerja. Jadi kedepan akan terus upayakan untuk menambah lapangan pekerjaan dengan bekerjasama pihak swasta,” ungkap Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan akan menegasi apabila data yang dimiliki perusahaan tidak sesuai yang diharapkan bersama dan tidak segan-segan akan mencabut izin usahanya di Sulbar.

“Kalau perlu ditegasi untuk mencabut izinnya kalau tidak diutamakan terlebih dahulu bagi anak-anak kita di Sulbar. Nanti kalau sudah banyak baru bisa dari luar mengisi kalau masih kekurangan,” tegas Gubernur.

Untuk diketahui, angka pengangguran di Sulbar terus mengalami kenaikan, meski demikian Pemprov Sulbar menilai masih wajar dibandingkan dengan daerah lain. Tetapi pihaknya terus berupaya untuk membuka lapangan pekerjaan dan menjalin kerjasama dengan pihak investor maupun para pengusaha salah satunya dalam waktu dekat dijadwalkan akan berkunjung ke Malaysia untuk melakukan kerjasama.

“Pengangguran di Sulbar akan terus kita tekan, sehingga Sulbar kita ini bisa maju dan malaqbi. Kita harap semua yang terdaftar dan diterima pada semua perusahaan untuk diperiksa kembali datanya karena kita ingin semua anak-anak Sulbar yang diprioritaskan,” terangnya.

Selain itu, pemprov berharap para pemuda dan masyarakat Sulbar agar tidak gengsi dalam menekuni satu pekerjaan selama itu bermanfaat dan membantu perekonomiannya. Jadi bukan hanya berpatokan pada bekerja dikantoran maupun menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Sebenarnya pengangguran itu hanya satu alasan saja padahal mereka semua itu pekerja baik itu petani maupun yang lainnya. Jangan nanti bekerja di kantor atau jadi PNS baru bisa diakatakan pekerja. Hanya sekitar 500 orang pengangguran kita,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *