Kedisiplinan Pengawas Harus Ditingkatkan

  • Whatsapp
Kedisiplinan Pengawas Harus Ditingkatkan

sulbarexpresss.fajar.co.id, MAJENE – Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Seperti pengawas sekolah, memiliki peran yang signifikan dan strategis serta hasil pendidikan yang bermutu. Selain itu, tugas pokok pengawas juga melakukan supervisi manajerial akademik, pembinaan dan pemantauan serta penilaian di sekolah.

Bacaan Lainnya

“Peran pengawas sekolah meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut pengawas yang harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan,” tutur Muhammad Ashar Malik Kadisdikpora Majene, pada lepas sambut Pengawas wilayah II Gugus Assamaturuang Kecamatan Banggae, di aula SDN 49 Pasanggarahan, Kamis 8 Maret.

Dihadapan para Kepala SDN wilayah II se-gugus Assamaturuang Kecamatan Banggaei, Ashar menuturkan, pengawas sekolah merupakan salah satu pendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memegang peran yang signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah.

“Pengawas sekolah berfungsi sebagai supervisor akademik maupun supervisor manajerial,” ujar mantan Kabag Keuangan Setda Majene itu.

Masih kata Ashar, sebagai supervisor akademik, pengawas sekolah berkewajiban untuk membantu kemampuan profesional guru agar dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran.

“Sedangkan sebagai supervisor manajerial, pengawas berkewajiban membantu kepala sekolah agar mencapai sekolah yang efektif. Pembinaan dan pengawasan kedua aspek itu menjadi tugas pokok pengawas sekolah,” terangnya.

Ia menambahkan, kehadiran pengawas harus menjadi agen dan pelopor dalam inovasi pendidikan di sekolah binaannya.”Kinerja pengawas salah satunya harus dilihat dari kemajuan yang dicapai di sekolah binaannya,” tandasnya.

Dalam lepas sambut itu, hadir pengawas sekolah wilayah II gugus Assamaturuang Kecamatan Banggae Disdikpora Majene Jamaluddin menggantikan posisi Basri yang kini sudah purna bakti.

“Saya akan melanjutkan seluruh program kegiatan, baik yang sementara terlaksana maupun yang masih direncanakan, dalam hal peningkatan mutu pendidikan di wilayah ini,” janji Jamaluddin.

Sementara itu, mantan pengawas sekolah wilayah II gugus Assamaturuang Kecamatan Banggae Basri mengucapkan permohonan maaf jika terdapat kesalahan selama menjalakan tugas sebagai abdi Negara.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan lepas sambut, karena sebagai wujud kesatuan dan meningkatkan jalinan Siraturrahmi antar sesama tenaga pendidik, khususnya wilayah II gugus Assamaturuang Kecamatan Banggae,” pungkasnya.(hfd/smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *