Panwaslu Lantik PAW Panwascam Duripoku, Syamsuddin : Jaga SIM-P Sebagai Pengawas Pemilu

  • Whatsapp
Panwaslu Lantik PAW Panwascam Duripoku, Syamsuddin : Jaga SIM-P Sebagai Pengawas Pemilu

sulbarexpress.fajar.co.id, PASANGKAYU – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) memberhentikan tetap Dzul Henderiawan sebagai salah satu Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Duripoku.

Pasca keputusan ini, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pasangkayu menggelar pelantikkan Pengganti Antar Waktu (PAW) Ahmad Juanda sebagai Pengawas Kecamatan Duripoku pada pemilu tahun 2019 di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Pasangkayu, Rabu 7 Maret.

Bacaan Lainnya

Selain Ketua Panwaslu Kabupaten Pasangkayu Syamsudin juga dihadiri oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Pasangkayu Andi Nurhadi, dan Plh Sekretaris Panwaslu Pasangkayu Sarwan.

Syamsudin menyatakan, sesuai ketentuan pasal 45 ayat (1) huruf b Peraturan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017, bahwa pemberhentian dan penggantian antar waktu bagi Panwascam dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota melalui rapat pleno.

“Pasca putusan DKPP RI terhadap pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh salah satu anggota Panwascam Duripoku dengan sanksi pemberhentian tetap wajib ditindaklanjuti paling lambat tujuh hari setelah putusan dibacakan dan itu sudah kami lakukan melalui rapat pleno sesuai amanat Perbawaslu,” ungkap Syamsudin di ruang kerjanya, Kamis 8 Maret.

Sementara terkait PAW, dirinya menjelaskan, sesuai ketentuan pasal 47 ayat (1) huruf c, bahwa pemberhentian anggota Panwaslu Kecamatan dengan ketentuan anggota Panwaslu Kecamatan digantikan oleh calon anggota urutan peringkat berikutnya.

Dari hasil seleksi uji kelayakan, kebetulan peringkat keempat adalah Ahmad Juanda. Sehingga Panwaslu Kabupaten menilai telah memenuhi syarat untuk dilantik sebagai anggota Panwascam Duripoku.

“Ya, Ahmad Juanda merupakan peringkat keempat berdasarkan hasil seleksi kemarin. Sehingga memang sudah memenuhi syarat sebagai pengganti antar waktu salah satu Panwascam Duripoku yang sudah lama lowong,” bebernya.

Dirinya berharap, anggota Panwascam Duripoku yang baru saja dilantik agar benar-benar bekerja maksimal dengan tetap menjaga Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesional (SIM-P).

Juga melaksanakan pakta integritas yang ditandatangani oleh yang bersangkutan dengan sebaik-baiknya serta menjadikan regulasi kepemiluan sebagai perisai sakti dalam mengemban amanah. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *