Penderita Penyakit Menyerupai Campak Sudah Membaik

  • Whatsapp
Penderita Penyakit Menyerupai Campak Sudah Membaik

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMASA – Beberapa waktu lalu petugas kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Tabulahan menemukan sejumlah warga yang terjangkit penyakit menyerupai campak di Desa Malatiro, Kecamatan Tabulahan.

Dari penemuan itu, PKM maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, sigap melakukan tindakan medis. Berdasarkan data yang diperoleh, sejak Desember 2017 hingga bulan Februari lalu, warga yang ditemukan terjangkit penyakit yang gejalanya menyerupai campak kurang lebih 56 orang.

Bacaan Lainnya

Penyakit ini disebut menyerupai campak karena sampel darah penderita penyakit ini masih dalam proses uji laboratorium, sehingga belum dapat didiagnosa. Tetapi menurut pihak Dinkes, gejala tersebut mirip campak yang pernah ditangani Dinkes Desember lalu.

Akhir 2017 kemarin ditemukan empat orang yang menderita penyakit yang gejalanya sama, yaitu demam tinggi, terdapat bintik-bintik merah di badan, disertai gatal-gatal, dan mata meradang. Dinkes kala itu, langsung melakukan uji laboratorium dengan tiga sampel. Alhasil, dari tiga sampel darah yang diuji dinyatkan positif campak.

“Kita bersyukur karena stelah dilakukan penanganan, dalam waktu empat hari penderita penyakit ini sudah mulai membaik dan sampai hari ini kita sudah tidak mendapat laporan lagi,” ungkap Hajai S Tanga, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, Kamis 1 Maret.

Hajai bersyukur karena Dinkes cepat mengambil tindakan, sehingga rata-rata kondisi pasien saat penanganan dalam keadaan yang tidak begitu parah dan hanya menderita gejala-gejala awal saja.

Dari kejadian ini, Hajai mengaku akan menjadikannya bahan evaluasi sekaitan pelayanan kesahatan masyarakat mulai dari tingkat kabupaten, sampai di tingkat desa, “Kedepannya kita lebih meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, terutama melakukan penyuluhan bagi masyarakat,” tutup Hajai. (mg1/smd).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *