Bawaslu Sulbar Tambah Komisioner

  • Whatsapp
Bawaslu Sulbar Tambah Komisioner

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menambah dua anggota untuk komisioner Bawaslu Sulbar yang sebelumnya tiga orang menjadi lima orang.

Penambahan tersebut dilakukan berdasarkan Undang-undang No.7 tahun 2017 tentang pemilu, proses seleksinyapun hampir sama dengan penerimaan komisioner Bawaslu sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Ketua Timsel Bawaslu Sulbar Rahmat Muhammad mengatakan berdasarkan rekomendasi Bawaslu RI membentuk timsel untuk menambah komisioner dua orang. Sehingga dilakukan lebih awal pengumuman resmi pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulbar masa bakti 2018-2023.

“Pendaftaran kita mulai buka tanggal 26 April sampai dengan 2 Mei 2018. Untuk pengembalian berkas pendaftaran mulai tanggal 3 sampai dengan 9 Mei 2018,” kata Rahmat, Rabu malam 25 April.

Ia menambahkan syarat yang diberikan Bawaslu RI kepada calon komisioner tidak ada perlakuan khusus, namun timsel mendorong adanya kaum perempuan yang ikut mendaftar dan bersaing.

“Kalau ada perempuan itu jauh lebih bagus dan kita harap itu ada, tapi sesuai dengan aturan atau persaratan yang sudah ditetapkan, kita juga tidak membatasi pendaftar semakin banyak maka semakin bagus,” tambahnya.

Rahmat juga menyampaikan tahapan yang akan dilakukan oleh timsel sama dengan tahapan seleksi sebelumnya, namun ada tahapan yang spesifik karena tidak sama dengan angka tiga dan angka dua.

“Kalau segi usia dulu kan 30 tahun, sekarang paling rendah 35 tahun,” ungkap Rahmat

Sedangkan, Anggota timsel Syamsuddin Alimsyah mengungkapkan penerimaan penambahan anggota Bawaslu diberbagai daerah bermacam-macam, Bawaslu RI melihat banyaknya penduduk suatu daerah.

“Ada daerah yang tujuh, sedangkan Sulbar ada lima sehingga dilakukan penambahan dua orang,” terangnya.

Selain itu, lanjut Syamsuddin ada empat tahapan yang akan dilalui para calon anggota Bawaslu Sulbar yang mendaftar, namun setiap tahapan ada sedikit perbedaan dari penerimaan komisioner KPU.

“Pertama ada seleksi administrasi yang langsung sistem gugur, kedua CAT tidak langsung gugur dan dilanjutkan psikotes kesehatan serta terakhir wawancara. Nanti ada empat orang yang akan kita kirim ke pusat untuk dipilih dua orang,” ujarnya.

Sementara itu, perlunya dukungan semua elemen termasuk sekretariat Bawaslu Sulbar yang merupakan urat nadi saat timsel melaksanakan tahapan demi tahapan untuk menyeleksi peserta.

“Kita semua berharap akan lebih banyak maksimal yang mendaftar, supaya kita bisa betul-betul menemukan putra-putri yang terbaik di Sulbar untuk bergabung di komisioner Bawaslu,” tandasnya.

Sekedar diketahui timsel Bawaslu Sulbar terdiri diantaranya Rahmat Muhammad (Ketua), Andi Syahwiah (Sekretaris), Syamsuddin Alimsyah (Anggota), Mithen Lullulangi (Anggota), dan Ibrahim Fahmi Badoh (Anggota).(hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *