Puluhan CJH Belum Lunasi BPIH, Kemenag Buka Tahap Kedua

  • Whatsapp
Puluhan CJH Belum Lunasi BPIH, Kemenag Buka Tahap Kedua

sulbarexpress.fajar.co.id, MAMUJU – Pelaksanaan haji tahun ini mulai mendekati masa pemberangkatan. Namun para calon jemaah haji (CJH) masih ada yang melunasi biaya penyelenggaraan ibdah haji (BPIH).

Atas hal ini, Kanwil Kemenag Sulbar memberikan kesempatan kepada CJH untuk melunasi BPIH dengan membuka pembayaran tahap kedua.

Bacaan Lainnya

Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulbar Muflih mengatakan masa pelunasan BPIH untuk CJH reguler tahap I berakhir pada Jumat 4 Mei. Sampai dengan penutupan pada pukul 16.00 Wita, masih ada yang belum melakukan pelunasan.

“Sampai kemarin sore masa pelunasan BPIH reguler tahap pertama, sudah ada 1.374 atau 94,89 persen CJH yang melakukan pelunasan,” kata Muflih, Jumat 4 Mei yang saat ini mengikuti mudzakarah perhajian di hotel Redtop Jakarta.

Ia menambahkan masih ada CJH yang tidak sempat melakukan pelunasan pada tahap pertama baik itu yang reguler maupun petugas tim penyelenggara haji daerah (TPHD).

“Masih tersisa 74 orang jemaah reguler dan 10 orang petugas TPHD yang belum melakukan pelunasan,” tambahnya.

Muflih juga menyampaikan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No 109 Tahun 2018 tentang Kuota Haji Tahun 1439H/2018 M mengatur bahwa kuota haji Provinsi Sulawesi barat berjumlah 1.448 yang terdiri dari kuota haji reguler dan 10 kouta untuk petugas TPHD.

“Namun sampai hari ini, belum ada TPHD yang melakukan pelunasan,” ungkap Muflih.

Sementara itu, lanjut Muflih, pihaknya mengimbau agar para calon jemaah haji yang belum sempat melakukan pelunasan BPIH-nya, Kemenag Sulbar membuka tahap kedua.

“Jemaah diimbau untuk memanfaatkan waktu pelunasan BPIH tahap kedua. Sebab kalau tidak bisa, alokasinya sudah bukan lagi diberikan kepada mereka, dan akan diberikan kepada CJH pelunasan tahap dua yang gagal sistem, sudah haji, penggabungan mahram, dan lansia yang memenuhi syarat,” ujar Muflih.

Selanjutnya Muflih menjelaskan pelunasan BPIH tahap kedua mulai tanggal 16 hingga 25 Mei 2018.

“Semoga para calon jemaah memperhatikan itu, sehingga perjalanan haji tahun ini berjalan lancar,” tandasnya. (hab/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *