Dispop Dorong Penyu Jadi Wisata Edukasi

  • Whatsapp
Dispop Dorong Penyu Jadi Wisata Edukasi
Rumah Penyu di pantai Mampie, Desa Galeso.

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPOP) Polman dorong penyu menjadi wisata edukasi “Bermain Bersama Penyu”.

Kepala Promosi Wisata Dispop Polman, Andi Baso mengatakan, program wisata edukasi bermain bersama penyu tersebut merupakan proyek perubahannya mengikuti Diklat Latpim di Makassar, Sulsel, Menurutnya habitat penyu memiliki keunikan tersendiri dan penyu merupakan hewan purba yang masih bertahan sampai sekarang.

Bacaan Lainnya

“Model yang kami dorong, kita mengajak untuk ikut terlibat dalam pelestarian penyu dengan mengadopsi sarang penyu yang ditemukan warga kemudian yang mengadopsi akan mendapatkan informasi perkembangan penyu tersebut hingga proses penetasan dan kembali ke laut,” kata Andi Baso, Senin 15 Juli

Ia juga menyampaikan penyu merupakan hewan liar yang seharusnya langsung dilepas ke laut ketika menetas, Hal itu lantaran agar habitat ini tidak mudah dimangsa oleh hewan lainnya.

“Dengan demikian nalurinya akan terbentuk secara alami, jika ditangkarkan akan berdampak pada naluri alaminya,” tambahnya.

Andi Baso juga mengungkapkan habitat penyu memiliki keunikan karena penyu yang menetas di suatu pantai akan kembali pada waktu 30 tahun kemudian untuk bertelur juga. Hal itulah yang menyebabkan penyu dewasa saat akan bertelur kadang dijumpai mati karena bibir pantai sudah ditanggul.

“Penyu ini dari perseribu yang menetas satu diantaranya itu pasti akan kembali bertelur ditempatnya pertama kali, ini sangat menarik karena penyu ini mampu merekam jejaknya dan kembali lagi,” ungkap Andi Baso.

Selain itu, lanjut Andi Baso perjalanan penyu dapat diketahui ketika dipasangi chip.

“Sehingga kita dapat memotret kemana saja penyu ini selama tiga puluh tahun lamanya,” tandasnya.(ali/hab)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *