Kesetaraan Gender Perkuat Kemampuan Negara

  • Whatsapp
Kesetaraan Gender Perkuat Kemampuan Negara
HADIR. Para Camat, lurah dan kades hadir pada sosialisasi kesehatan gender melalui Dinas PP-PA Majene, di Aula meeting Room Hotel Abrar Labuang, Kamis 18 Juli 2019.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Mempromosikan kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki untuk meningkatkan taraf hidup dan mengentaskan diri dari kemiskinan.

Asisten II Bidang Ekbang Sekretaris Daerah (Setda) Majene Djazuli Muchtar Mahmud menjelaskan, kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan memerintah secara efektif.

Bacaan Lainnya

“Pembangunan ekonomi banyak jalan untuk meningkatkan kesetaraan gender dalam jangka panjang,” ujar Djazuli Muchtar pada sosialisasi kesehatan gender melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Majene, di Aula meeting Room Hotel Abrar Labuang, Kamis 18 Juli.

Diakatakan, berdasarkan Permendagri nomor 15 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah, pada pasal 4 ayat 1 menyebutkan bahwa pemerintah daerah berkewajiban menyusun kebijakan, program pembangunan yang menggunakan berperspektif gender.

Penyusunan kebijakan ini, dilakukan melalui proses perencanaan pembangunan yang mengunakan perspektif gender dituangkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, rencana strategi dan Renja (Rencana Kerja) SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Kesempatan sama, Kepala Dinas PP-PA Majene Riadiah Zakariyah menyebut, gender adalah pembedaan peran, atribut, sifat, sikap dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Peran gender terbagi menjadi peran produktif, reproduksi, serta peran sosial kemasyarakatan.

“Jadi kesetaraan gender adalah suatu keadaan setara antara pria dan wanita dalam hak (Hukum) dan kondisi kualitas hidup dan tidak ada diskriminasi dalam hal akses, berpartisipasi, kontrol atas pembangunan dan memperoleh manfaat” papar Riadiah dihadapan para camat, para lurah dan kades .(hfd/smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *