Pamsimas Mubazir di Desa Taramanu Tua.

  • Whatsapp
Pamsimas Mubazir di Desa Taramanu Tua.
lokasi Pamsimas yang mubazir di Desa Taramanu Tua

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( PAMSIMAS) yang dibiayai Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) di Desa Taramanu Tua Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar) Kabupaten Polman belum dinikmati masyarakat setempat, Pasalnya, dua titik proyek Pamsimas di desa tersebut tidak berfungsi.

Mantan Sekertaris Desa Taramanu Tua Arman mengatakan dua titik Pamsimas di desanya pasca selesai dibangun hanya seminggu mengeluarkan air kemudian berangsur kering sampai hari ini.

Bacaan Lainnya

“Dua titik proyek Pamsimas itu dibangun akhir tahun 2018 lalu, cuma satu minggu ada airnya kemudian tidak berfungsi,” kata Arman, saat ditemui Senin 15 Juli.

Ia berharap Pemkab Polman tidak hanya sekadar membangun tapi juga memperhatikan kualitas bangunan supaya anggaran pembangunan tidak terkesan mubazir.

“Apalagi ini proyek Pamsimas jelas merugikan masyarakat di desa kami,” beber Arman.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Polman Dayang Mandawari saat dikonfirmasi menjelaskan tahun 2018 proyek Pamsimas di Kecamatan Tutar sebanyak 16 titik sementara untuk tahun 2019 sebanyak 13 titik. Kata dia, adapun proyek Pamsimas yang sudah tidak berfungsi akan diserahkan ke desa penanganannya melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) masing-masing.

“Setelah proyek selesai kita serahkan ke desa yang dapat mereka integrasi melalui Bumdes, ” ungkap Dayang saat ditemui di Kantor Bupati Polman.

Kabid Cipta Karya yang juga merangkap Kepala ULP Pemkab Polman ini mengungkapkan proyek Pamsimas sudah dibangun di 52 desa dari 144 desa di Polman.
“Proyek Pamsimas yang bermasalah akan diperbaiki melalui dana desa,” ujar Dayang.

Terpisah, Camat Tutar Nurdin saat dihubungi via telepon selulernya sangat menyayangkan tindakan aparat desa yang tidak melaporkan bila ada proyek bermasalah di wilayahnya.

“Semestinya Kepala Desa melapor ke ke kami kalau proyek begini bermasalah, saya baru tahu ini dek,” tandasnya.(ali/hab)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *