SDN 14 Simbang Tuan Rumah Sikat Gigi Massal

  • Whatsapp
SDN 14 Simbang Tuan Rumah Sikat Gigi Massal
FOTO BERSAMA. Kepala SDN 14 Simbang dan Kepala UPTD Kecamatan Pamboang Nurdin foto bersama usai kegiatan sikat gigi massal, di SDN 14 Simbang Keamatan Pamboang, Selasa 23 Juli 2019.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Puluhan siswa SDN di wilayah Kecamatan Pamboang, mengikuti kegiatan sikat gigi dan cuci tangan secara massal, Selasa 23 Juli.

Kegiatan ini, dipusatkan di SDN 14 Simbang Kecamatan Pamboang sebagai tuan rumah, dipandu petugas Promkes dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Pamboang.

Bacaan Lainnya

“Siswa yang ikut sikat gigi massal, dari SDN 13 Pallarangan, SDN 15 Parallitang dan SDN 14 Simbang, dipandu 3 orang petugas PKM Pamboang, atas nama Promkes Haslina, UKS Hasmiani dan UKGS Nursakina,” tutur Makhmur Kepala SDN 14 Simbang.

Makhmur mengatakan, kegiatan ini merupakan program petugas PKM Pamboang, terkait kegiatan lomba Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) yang selama ini dilaksanakan setiap tahun di setiap sekolah wilayah kerja PKM Pamboang.

“Untuk lomba kegiatan UKS dan UKGS, SDN 14 Simbang masuk juara dominasi 2 tingkat Kecamatan Pamboang,” bebernya.

Sikat gigi massal, dibuka Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) wilayah Kecamatan Pamboang Nurdin.

“Supaya mereka terbiasa, termasuk cuci tangan yang baik dan benar sebagai wujud untuk menerapkan pola hidup sehat,” imbuhnya.

Ia menuturkan, kegiatan kebershan, juga mendukung program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah dan sekolah.”Selain praktik cuci tangan dan menggosok gigi siswa juga diajarkan untuk membiasakan hidup sehat,” ujar Nurdin.

Dikatakan, sikat gigi membawa pesan yang positif bagi anak didik untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut setiap hari.”Kesehatan gigi adalah kesehatan yang terpenting untuk tubuh kita,” ulasnya.

Para petugas PKM Pamboang melakukan edukasi dengan tiga cara tepat dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Yakni, menggosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur, memeriksa gigi enam bulan sekali dan menjauhi faktor risiko yang mengakibatkan kerusakan gigi.(hfd/smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *