Sahabat Rakyat Virtual jadi Solusi

  • Whatsapp
Sahabat Rakyat Virtual jadi Solusi
foto: IST Bupati Mamuju Habsi Wahi, Wakil Bupati Irwan SP Pababari, dan Sekkab Suaib Kamba saat pelaksanaan program sahabat rakyat virtual untuk kecamatan Sampaga, Kalumpang dan Tommo, Rabu 12 Agustus 2020.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemkab Mamuju tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat meski di tengah pandemi Covid-19. Utamanya dalam bidang pelayanan publik.

Salah satu program andalan dalam memberikan pelayanan publik adalah safari sehari berbakti untuk rakyat (Sahabat rakyat). Namun belakangan ini dilaksanakan berbeda.

Bacaan Lainnya

Jika sebelumnya menghadirkan semua OPD hingga menginap semalam di kecamatan, kali ini pelaksanaan sahabat rakyat hanya dilakukan secara virtual. Itu dilakukan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi corona.

“Program sahabat rakyat harus segera diadaptasikan terhadap kondisi normal baru. Sehingga memunculkan ide melakukan kolaborasi layanan melalui virtual dan layanan langsung sehingga upaya memutus mata rantai penularan corona tidak lantas mematikan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” kata Bupati Mamuju Habsi Wahid, Rabu 12 Agustus.

Menurut Bupati, pelaksanaan program sahabat rakyat secara virtual sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi program kebijakan pemerintah daerah. Satu sisi lainya sejumlah pelayanan masih tetap dijalankan.

“Antara lain ada pelayanan kependudukan dan kesehatan. Saat ini kami menjalankan program sahabat rakyat secara virtual untuk tiga kecamatan, yakni Sampaga, Kalumpang dan Tommo,” imbuh Habsi.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari menegaskan pemerintah daerah tetap harus aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat meski di tengah pandemi corona. Namun demikian ia tetap mengingatkan agar pola pelayanan menjalankan protokol kesehatan.

“Pemerintah tidak boleh kalah terhadap kondisi yang ditimbulkan covid-19, melainkan harus tetap dapat hadir di tengah masyarakat, dan program sahabat rakyat adalah salah satu solusi,” aku Irwan.

Sementara itu, Tumenan salah seorang warga Desa Bunde, Kecamatan Sampaga mengaku sangat puas dengan pelayanan dalam program sahabat rakyat. Sebab ia dan warga lainya tidak perlu jauh-jauh ke ibu kota Sulbar untuk menerima pelayanan kependudukan dan kesehatan serta pelayanan lainya.

“Kegiatan ini sangat membantu kami selaku masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Kami harapkan semoga kedepan kegiatan ini terus dilakukan oleh pemerintah daerah,” tandas Tumenan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *