AMSP Geruduk Kantor Dinas PUPR, Tuntut Perbaikan Jalan di Tutar

  • Whatsapp
AMSP Geruduk Kantor Dinas PUPR, Tuntut Perbaikan Jalan di Tutar
Massa AMSP menggelar unjuk rasa di halaman kantor Dinas PUPR Polman.

POLEWALI, SULBAR EXPRESS – Puluhan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (PUPR) Polewali Mandar, Selasa 10 November. Massa aksi berasal dari Aliansi Mahasiswa Solidaritas Pegunungan(AMSP).

Dalam pengawalan ketat petugas keamanan, mereka berorasi secara bergantian menuntut pemerintah daerah memperbaiki jalan rusak di wilayah pegunungan khususnya di Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar).

Koordinator aksi, Abdul Anas mengatakan jalan rusak parah di Tutar membentang sepanjang kurang lebih 40 kilometer. Mulai dari Desa Piriang Tapiko hingga Desa Besoangin Utara.

“Sumpah saya orang Piriang, tidak ada pembangunan di sana dan tidak pernah saya lihat anggarannya. Saya ingat sejak masih SD, cornya itu jalan dua jalur hanya ditempel- tempel,” tegasnya.

Tak hanya itu, salah satu pengunjuk rasa, Rosadi menyebutkan parahnya kerusakan infrastruktur jalan di Desa Piriang semakin terlihat bila hujan deras turun karena kendaraan roda dua tak bisa berjalan sehingga kendaraan harus diangkat.

Bahkan, kata dia, jembatan sungai Mandar dan sungai Mapi di Tutar juga sudah mengalami kerusakan sehingga butuh perhatian serius Pemkab Polman.

“Masyarakat mengeluh, sehingga berimbas pada sektor perekonomian dan pendidikan. Alasan guru-guru tidak aktif mengajar di sana karena infrastruktur jalan rusak parah,” ujarnya.

Ia berharap Pemkab Polman segera memperbaiki jalan tersebut sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia benar-benar terwujud.

“Jangan lagi berikan kami janji palsu, mana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan,” kata Rosadi.

Menanggapi hal itu, Sekertaris Dinas PUPR Polman, Husain mengungkapkan pembangunan jalan di Kecamatan Tutar selalu menjadi prioritas. Sehingga ia berharap mahasiswa tidak perlu berdemonstrasi kalau hanya ingin memperoleh data proyek pembangunan fisik di Tutar.

“Datang saja ke sini kami kasih datanya, karena semua kita usulkan cuma anggaran kami terbatas,” terangnya.

Selain itu, Husain menuturkan pembangunan jalan di Tutar untuk tahun anggaran 2021 saat ini sedang dalam pembahasan di DPRD.

“Tahun ini kita perbaiki jalan ruas dari Desa Pullewani hingga Tubbi. Namun mereka tidak tahu titiknya, kita sudah komitmen tahapan pembangunan di sana,” tandasnya. (ali/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *