Danrem 142 Tatag Kukuhkan Anggota Baru Saka Wira Kartika

  • Whatsapp
Danrem 142 Tatag Kukuhkan Anggota Baru Saka Wira Kartika
Kegiatan pengukuhan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag, Sabtu malam 7 November 2020.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Upacara pengukuhan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag dilaksanakan malam kemarin oleh Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan. Bertempat di lapangan tembak Korem 142 Tatag sekaligus dilaksanakan Persami, Sabtu malam 7 November.

Prosesi pengukuhan berjalan dengan khidmat mulai pengucapan Prasetya oleh pembina upacara diikuti seluruh peserta dan pengucapan Dasa Dharma Pramuka serta pemasangan atribut Saka Wira Kartika.

Sedangkan puncak kegiatan malam, pembakaran api unggung sekaligus pengukuhan sebagai tanda bergabungnya para siswa SMA ke Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag.

Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, mengatakan, pengukuhan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag adalah merupakan wujud perhatian TNI AD khususnya Korem 142 Tatag dalam memajukan gerakan Pramuka kepada kaum muda agar dapat menjadi kader pembangunan bangsa yang handal dimasa depan.

Danrem menambahkan, gerakan Pramuka Saka Wira Kartika sangat penting untuk dilestarikan oleh segenap anak bangsa karena memiliki manfaat yang sangat besar khususnya dalam hal pembentukan sikap mental dan moral serta kepribadian guna mewujudkan nasionalisme dan patriotisme dalam konteks bela negara.

“Saya harap pembinaan yang dilakukan lebih diorientasikan pada penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka berupa latihan kepemimpinan dan pengabdian,” ungkap Danrem 142 Tatag.

Lebih jauh Danrem 142 Tatag mengatakan, dengan melalui wadah Pramuka Saka Wira Kartika diharapkan dapat melahirkan sosok generasi muda yang mandiri, peduli, bertangungjawab dan memiliki komitmen dalam kehidupan berbangsa.

“Saya ucapkan selamat kepada kalian semua atas bergabungnya ke Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag,” imbuh Danrem.

Menurut Kasi Ter Korem 142 Tatag Letkol Arh Sri Rusyono, sebanyak 57 orang dari berbagai sekolah menengah atas di Mamuju dikukuhkan untuk bergabung kedalam Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag.

“Ini adalah pertama kalinya Korem 142 Tatag sejak pindah dari Parepare ke Mamuju mengukuhkan Pramuka Saka Wira Kartika,” kata Kasi Ter Korem 142 Tatag.

Ia juga mengatakan, kedepan Korem 142 Tatag akan senantiasa melakukan pendekatan ke sekolah-sekolah khususnya di Kota Mamuju dan sekitarnya untuk melakukan perekrutan agar para siswa bergabung ke dalam organisasi Pramuka Saka Wira Kartika Korem 142 Tatag.

Kegiatan ini dihadiri Para Kasi Korem 142 Tatag serta perwakilan para Ketua Dewan Saka Kabupaten Mamuju. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *