KIP Beri Penghargaan Pemprov Sulbar

  • Whatsapp
KIP Beri Penghargaan Pemprov Sulbar
VIRTUAL. Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Anggraeny Anwar didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulbar Safaruddin Sanusi DM usai menerima penghargaan dari KIP.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar menerima penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) atas capaian sebagai provinsi “Menuju Informatif” dalam penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Award.

Penganugerahan yang dilaksanakan di ruang oval Kantor Gubernur Sulbar digelar secara virtual bersama Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan seluruh komisioner KI Pusat.

Kategori yang dirah Provinsi Sulawesi Barat dinilai sebuah pencapaian yang luar biasa, lantaran mampu mengalahkan provinsi lain khusunya di wilayah Sulawesi.

Pada kategori Pemerintahan Provinsi, dimana Sulbar berada di posisi kelima dengan skor 81,82 dan menjadikan satu-satunya provinsi dari Sulawesi yang masuk kategori setelah di posisi pertama yakni Riau kemudian provinsi Papua lalu Kalimantan Barat kemudian Kalimantan Tengah.

Berdasarkan pencapaian yang diraih Sulawesi Barat, Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Anggraeny Anwar, mengatakan penganugerahan yang diberikan oleh KIP adalah pencapaian yang luar biasa.

“Pencapaian yang diraih Provinsi Sulawesi Barat adalah pencapaian yang pertama kali diraih selama penganugerahan dari Komisi Informasi Pusat, dimana kita masuk kategori Munuju Informatif,” ucapnya.

Diketahui bahwa berdasarkan kualifikasi dilakukan oleh KIP ada lima kategori penilaian yang dilakukan. Diantaranya tidak informatif, kurang informatif, cukup informatif, menuju informatif dan informatif.

Enny menjelaskan dari hasil tersebut pihaknya akan lebih meningkatkan lagi sehingga di tahun berikutnya bisa mencapai kualifikasi sebagai daerah informatif.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulawesi Barat Syafaruddin Sanusi DM, menuturkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh stekholder yang telah mendukung sehingga Sulbar bisa meraih predikat provinsi menuju informatif.
Ucapan terima kasih juga khusunya kepada KIP dan Kemendagri atas penilainya, serta Gubernur dan Wakil Gubernur serta pimpinan PPID Sulbar yaitu Sekertaris Provinsi Sulbar.

Ia menjelaskan, dengan pencapaian tersebut, maka provinsi Sulbar juga harus meningkatkan kolaborasi khusunya kepada seluruh stekholder untuk memerangi hoax.

“Sehingga apa yang diprogramkan pemerintah disampaikan oleh pemerintah, apa yang menjadi keluhan masyarakat disampaikan oleh pemerintah sehingga kolaborasi itu sampai,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin yang memberikan penganugerahan sangat mengapresiasi atas capaian yang diraih oleh seluruh badan publik termasuk pada kategori pemerintahan provinsi.

“Selamat atas pencapaiannya teruslah menjaga dan menerapkan sistem keterbukaan yang transparan untuk publik,” kata Wapres.

Sementara Ketua KI Pusat, Gede Narayan mengatakan penganugerahan tersebut adalah hasil yang dilakukan selama kurang lebih tiga bulan melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait keterbukaan informasi publik pada Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik.

“Keterbukaan informasi publik pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran,” ucapnya.

KIP sebelumnya melakukan monev di 348 badan publik dengan star awal melakukan sosialisasi yang didukung dengan kuesioner. Dengan penilaian inovasi dan kolaborasi atas keterbukaan publik yang dilakukan.

“Tingkat partisipasi badan publik mengalami kenaikan dari 348 badan publik yang meregistrasi dalam aplikasi emonev 324 atau 93,1 persen,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *