KPU Pasangkayu Siapkan Sarung Tangan Sesuai DPT

  • Whatsapp
KPU Pasangkayu Siapkan Sarung Tangan Sesuai DPT
Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad memantau pengepakan sarung tangan yang akan digunakan masyarakat untuk memilih pada 9 Desember nanti.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu menyiapkan sarung tangan untuk digunakan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pilkada 2020 mendatang.

Hal ini mengacu pada tahapan pilkada serentak 2020 dengan mengacu PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Disease-19.

Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad menjelaskan, sarung tangan tersebut digunakan sebagai pelindung masyarakat, dari paparan Covid-19 saat pencoblosan berlangsung dengan jumlah sarung tangan yang digunakan nanti adalah sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Pasangkayu 95.946 pemilih.

“Sarung tangan sebagai alat pelindung diri untuk masyarakat yang datang ke TPS, dan menggunakan hak pilihnya nanti,” jelas Syahran saat ditemui di ruang kerjanya, di Kantor KPU Pasangkayu, Rabu 12 November.

Menurutnya, sarung tangan dapat berfungsi sebagai pencegah penularan Covid-19 dari benda-benda di TPS yang bisa berpotensi tertempel droplet atau cairan sisa pernafasan. Dengan begitu penularan Covid-19 bisa dimininalisir dalam pelaksanaan pesta demokrasi.
Selain itu KPU juga sudah menyiapkan perlengkapan lainnya sebagai alat pelindung diri (APK).

“Kami juga siapkan tempat cuci tangan, jadi masyarakat tetap harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan sarung tangan,” urai Syahran yang juga sebagai komisioner Kordiv Logistik.

Ia menegaskan, dalam pelaksanaan pilkada tetap akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, karena berlangsung di tengah pandemi. Saat ini persiapan terus dilakukan KPU, mulai dari persiapan logistik hingga petugas di tingkat KPPS.

“Sampai saat ini, hingga tinggal menghitung hari H pilkada, kami masih melakukan persiapan-persiapannya,” tutup Syahran. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *