Pelipat Surat Suara Wajib Rapid Test

  • Whatsapp
Pelipat Surat Suara Wajib Rapid Test
Staf KPU Mamuju melakukan penyusunan surat suara di gudang logistrik sementara KPU, Senin 16 November 2020.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sisa menghitung hari pesta demokrasi akan dihelat. Saat ini surat suara untuk pilkada 9 Desember 2020 tiba di Kantor KPU Mamuju, 16 November dini hari sekira Pukul 01.00 Wita.

Surat suara tersebut dicetak di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur oleh salah satu perusahaan yang memenangkan tender. Surat suara tersebut saat ini disimpan di aula Asrama Haji Mamuju yang difungsikan sebagai gudang logistrik sementara KPU.

Kordiv Teknis, Data dan Informasi KPU Kabupaten Mamuju, Asriani mengatakan seluruh surat suara yang tiba sudah sesuai jumlah jumlah yang telah terdaftar sebelumnya dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Yang jelasnya sesuai dengan jumlah DPT, 162.218 ditambah 2,5 persen surat suara tambahan itu untuk pengguna KTP-EL nanti yang tidak ada dalam DPT, ditambah 2.000 untuk PSU jika ada PSU atau PSL nanti,” kata Asriani, Senin 16 November.

Selain itu, ia juga menjelaskan, untuk proses pengapakan dan pelipatan surat suara yang sebelumnya dicetak di Kabupaten Jember itu rencana akan mulai dilaksanakan pada Selasa 17 November 2020. “Saat ini, masih merampungkan dulu tenaga pelipat,” jelasnya.

Asriani, menuturkan, meskipun saat ini dalam suasana pandemi Covid19, proses yang dilakukan harus betul-belul sesuai standar penangan Covid-19. Maka seluruh tenaga pelipat surat suara, diwajibkan untuk melakukan rapid test.

“Jadi, mereka bawa surat keterangan hasil rapid testnya dulu, baru kemudian kita ACC untuk menjadi tenaga pelipat surat suara,” ujarnya.

Selain itu, dari 162.218 surat suara tersebut, pihaknya juga akan melakukan pengecekan ulang pada saat pelipatan nanti, apakah ada surat suara yang cacat atau rusak.

“Dari keseluruhan surat suara belum diketahui berapa jumlah kertas yang rusak, besok rencana pengepakan dan lipat surat suara,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *