Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru Lambat

  • Whatsapp

POLEWALI, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pembayaran dana sertifikasi guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada triwulan ketiga tahun ini di Kabupaten Polewali Mandar lambat dicairkan.

Kepala Bidang Pendidikan Mutu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Polman, Haris, mengakui adanya keterlambatan pencairan dana sertifikasi guru lantaran berbagai kendala.

“Yang menjadi penyebabnya karena SK Dirjen agak terlambat dan keterlambatan ini karena adanya validasi data itu divalidkan dulu oleh masing-masing operator sekolah,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Haris, di masa belajar dari rumah (BDR) ini guru dan kepala sekolah dimintai laporan terkait kegiatan BDR selama pandemi Covid-19 yang kemudian dikoneksikan dengan calon penerima sertifikasi.

“Ini yang memakan waktu memeriksa laporan mereka bahwa benar mereka melaksanakan tugas. Berdasarkan informasi dari keuangan dana tersebut hari ini mulai dikucurkan ke rekening penerima,” tuturnya.

“Proses pencairannya itu dana dari pusat masuk ke kas daerah, kemudian kas daerah Bank BPD lalu BPD mengirim ke rekening guru sertifikasi. Jadi kami di Dinas Pendidikan tidak pernah melihat uangnya karena tugas kami hanya memeriksa mana yang layak menerima dan tidak sesuai juknis,” tambah Haris.

Ia menambahkan, dimasa pandemi saat ini yang menjadi penilaian utama seorang guru sertifikasi apakah mereka benar-benar melaksanakan tugasnya yakni program BDR.

“Terkait pembayaran gaji sertifikasi triwulan keempat kami akan segera melakukan permintaan berkas kembali,” tandas Haris. (ali/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *